Kamis, 09 Maret 2017

205 Taekwondoin Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat







BLORA – Sebanyak 205 orang atlet taekwondo Blora mengikuti ujian kenaikan tingkat (UKT).
Ada tujuh jenjang (geup) yang diujikan dalam UKT tersebut, yakni geup 9 kenaikan tingkat dari sabuk putih ke sabuk kuning diikuti sebanyak 44 orang atlet (jeja), geup8 dari sabuk kuning ke kuning strip (82 jeja), geup 7 dari sabuk kuning strip ke sabuk hijau (18 jeja) dan geup6 dari sabuk hijau ke hijau strip (22 jeja).
Selain itu masih ada geup 5 dari sabuk hijau strip ke sabuk biru (24 jeja), geup 4 dari sabuk biru ke biru strip (7 jeja) dan geup 3 dari sabuk biru strip ke sabuk merah diikuti sebanyak delapan orang atlet.
“UKT reguler Taekwondo Indonesia (TI) Jateng di Blora ditangani langsung penguji dari TI Jateng yakni Singgih Hendarto,” kata Pengurus Harian TI Blora, Slameta, kemarin.
Slameta mengungkapkan, UKT yang digelar di GOR Mustika Blora pekan lalu itu merupakan UKT pertama tahun ini.
Menurutnya, UKT dengan tujuan untuk ujian naik jenjang ke tingkat sabuk yang lebih tinggi tersebut akan digelar rutin tiga kali dalam setahun. “UKT tersebut digelar guna meningkatkan kualitas atlet seiring makin banyak remaja dan anak di Blora yang menggeluti olahraga taekwondo, íí tandasnya.
Berkembang Pesat
Menurutnya, sejak beberapa tahun terakhir olahraga taekwondo di Blora berkembang cukup pesat. Sejumlah siswa SD, SMP dan SMA tertarik mengikuti latihan olahraga taekwondo di sejumlah sekolah di beberapa kecamatan di Blora.
“Mereka yang mengikuti ujian kenaikan tingkat adalah para atlet yang sebelumnya berlatih di sejumlah sekolah. Akhir tahun lalu UKT diikuti sebanyak 231 atlet,íí imbuhnya.
Pelatih Taekwondo Blora Akhmad Khoirul Sumian menambahkan, UKT periode pertama tahun ini sekaligus juga untuk seleksi atlet yang akan dipersiapkan berlaga di kualifikasi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2018.
Atlet yang dinyatakan lolos ujian kenaikan tingkat harus memenuhi sejumlah kriteria, antara lain penilaian fisik, gerakan dasar, poomsae taegeuk, kyorugi, sikap disiplin dan kyupa hosinsul. 

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/205-taekwondoin-ikuti-ujian-kenaikan-tingkat/