Jumat, 17 Maret 2017

45 Siswa Ikuti OSN SD Karimunjawa Tak Kirim Peserta

JEPARA – Kepala Disdikpora Kabupaten Jepara Khusairi menyayangkan Kecamatan Karimunjawa tidak mengirimkan peserta pada Olimpiade Sains Nasional (ONS) SD yang digelar di Aula Disdikpora, Kamis (16/3).
”Kalau Karimunjawa sering tidak mengikuti kegiatan atau lomba-lomba, bagaimana upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sana. Terus terang kami sangat prihatin. Ke depan, harus ada perobahan dan pembenahan,” kata Khusairi. Hal tersebut disampaikan Khusairi seusai membuka OSN SD Tingkat Kabupaten Jepara di Aula Disdikpora.
Kegiatan dihadiri Kabid SD Widodo BR, para Kepala UPT Disdikpora Kecamatan, serta guru pendamping. Dirinya berharap, OSN yang secara rutin digelar tiap tahun menjadi tolok ukur kemajuan dan semakin menambah semangat bagi pendidik, peserta didik, orang tua, dan semua pihak yang terkait.
Karena itu, pihaknya berharap seluruh UPT Kecamatan, temasuk Karimunjawa bisa berupaya lebih keras agar dapat mengikuti agenda yang ada. ”Kami berharap, ketidakhadiran karena kendala transportasi karena cuaca, bukan persoalan biaya. Semoga ke depan, bisa dilakukan perencanaan dan persiapan yang lebih baik,” ucapnya.
Enam Siswa
Kasi Pengendalian Mutu SD, Haryanto menambahkan, OSN SD melombakan dua mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengatahuan Alam (IPA). Peserta sudah disaring di tingkat kecamatan, dengan mengiriman tiga siswa tiap mapel. Jadi, tiap UPT Disidkpora Kecamatan mendapat jatah mengirimkan enam siswa, tiga Matematika dan tiga IPA.
”Karena Karimunjawa tidak ikut, jumlah peserta setiap mapel 45 siswa sehingga total ada 90 siswa,” kata Haryanto. Untuk OSN tahap pertama, siswa mengerjakan 25 item soal Matematika, terdiri 20 pilihan ganda dan 5 isian singkat.
IPA, 50 item soal, terdiri 40 pilihan ganda, 10 isian singkat. Masingmasing tersedia 90 menit untuk mengerjakan. Peserta tiap mapel lantas diambil 10 besar untuk mengikuti lomba tahap kedua dan memperebutkan posisi tiga besar. ”Tiap mapel diambil tiga.
Sebelum maju ke Provinsi menjadi wakil Kabupaten Jepara, akan mengikuti pembinaan,” imbuhnya. Berbeda dengan OSN tahun sebelumnya , naskah soal dari Provinsi, untuk tahun ini disusun oleh tim Kabupaten. Mereka diambil dari guru-guru SMP, demikian juga untuk jurinya.

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/45-siswa-ikuti-osn-sd/