Senin, 20 Maret 2017

8.471 Siswa SMA dan SMK Ikuti UN dan USBN

BLORA – Siswa SMA dan SMK siap mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN), 20-23 Maret 2017. Ujian ini berbeda dengan ujian nasional (UN) yang tahun ini berbasis komputer.
USBN masih menggunakan kertas dan pulpen. ’’Memang benar mulai besok siswa SMA dan SMK akan melaksanakan USBN yang berbasis kertas,’’ kata Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMA (MKKS SMA) Kabupaten Blora Sudharmanto, kemarin.
Dalam USBN menurutnya, untuk materi soal berasal dari Pusat 20- 25 porsen dan dari Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) 75-80 persen.
Soal selain pilihan ganda juga ada soal esai. Sementara, untuk UN seluruh soalnya dibuat oleh pusat dan keseluruhan pilihan ganda. ’’Khusus UN semuanya berbasis komputer atau UNBK,’’ jelas Sudharmanto, yang juga kepala SMA1 Randublatung ini.
Tahun ini, siswa yang ikut USBN dan UN di Kabupaten Blora sebanyak 2.638 (SMA) dan 5.833 (SMK). Untuk UNBK akan dilaksanakan pada 3-7 April (SMK) dan 10-12 April (SMA).
Sama seperti tahun lalu, untuk UN tidak sebagai penentu kelulusan, penentu kelulusan adalah US dan USBN. Terpisah, Kepala SMA 1 Blora Slamet Joko Waluyo mengatakan, bahwa sekolahnya sudah siap dalam menghadapi USBN dan UN.
Khusus UN, juga melaksanakan secara mandiri dan ruangan laboratorium komputer juga sudah siap. Bahkan, selain untuk UNBK SMA, juga akan digunakan bagi UNBK SMP. ’’Secara umum tidak ada masalah, seluruh siswa juga sudah mempersiapkan diri menghadapi USBN dan UN,’’ katanya.

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/8-471-siswa-sma-dan-smk-ikuti-un-dan-usbn/