Kamis, 09 Maret 2017

Afif Bidik Tiga Besar KASAU Cup







PATI – Kejuaraan nasional paralayang KASAU Cup II yang bakal digelar pada 31 Maret hingga 2 April menjadi ajang perdana yang diikuti atlet Pati Muhammad Afif Jauhari tahun ini.
Tak tanggung-tanggung, dia menargetkan masuk peringkat tiga besar dalam event yang berlangsung di Bukit Toga, Sumedang, Jawa Barat tersebut. “KASAU Cup II sangat penting bagi Afif karena bukan sekadar event nasional.
Hasil dari kejuaraan itu juga berpengaruh pada peringkat atlet di dunia yang dirilis Federation Aeronautique International (FAI),” ujar Ketua Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Pati, Agus Arifin, kemarin.
Tak hanya paralayang, KASAU Cup II juga mempertandingkan paramotor, gantole dan terjun payung.
Namun, sejauh ini Afif masih fokus pada paralayang. Menurutnya, target yang dipatok Afif itu tak muluk-muluk. Itu merupakan proyeksi yang realistis di tengah keterbatasan FASI Pati.
Afif, lanjut Agus, memenuhi persyaratan untuk turun dalam event dengan nomor lomba ketepatan mendarat (accuracy). Mengingat dia telah mengantongi lisensi PL2 paralayang.
Berlatih
Intensif Untuk memenuhi target, Afif mempersiapkan sejak awal. Belakangan, mahasiswa Unnes Semarang ini berlatih intensif di sejumlah daerah.
“Hari ini (kemarin-Red) Afif latihan terbang di Purwokerto. Dia didampingi pelatihnya Nanang,” imbuhnya. Arena latihan paralayang di Purwokerto bukan tempat baru bagi Afif.
Sebelumnya, dia pernah berlaga di lokasi tersebut bersama tim Jateng dalam Pra-PON, beberapa waktu lalu. KASAU Cup II merupakan satu di antara 19 kejuaraan yang masuk dalam kalender event PB FASI PGPI 2017.
Selain event tersebut, tahun ini juga diagendakan kompetisi Paragliding Trip of Indonesia (TROI) dalam lima seri yang berlangsung di Majalengka, Maninjau, Tomohon, Kemuning, dan Bondowoso.
Di luar itu, ada pula kejuaraan dunia Paragliding Accuracy World Cup (PGAWC) di Manado, Sulawesi Utara pada 16-19 Maret. Namun, Afif belum bisa memastikan untuk mengikuti semua event tersebut karena keterbatasan anggaran.
“Dana kami sangat terbatas sehingga kemungkinan hanya beberapa event saja yang diikuti. Karena kami hanya kebagian dana APBD Pati Rp 20 juta untuk pembinaan selama setahun,” tandasnya.

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/afif-bidik-tiga-besar-kasau-cup/