Senin, 27 Maret 2017

Agro Ekspo, Kenalkan Teknologi Terkini Gubernur Ajak Petani Berinovasi

PURWODADI - Agro Ekspo digelar Dinas Pertanian Kabupaten Grobogan setiap tiga tahun sekali. Pada penyelenggaraan tahun ini, acara ini ikut dihadiri langsung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.
Kegiatan Grobogan Agro Ekspo dan Gelar Teknologi Pertanian kali keenam ini dilaksanakan di areal seluas 32 hektare yang meliputi lahan milik pemerintah daerah dan lahan yang dikerjakan oleh Gabungan Kelompok Tani Ngudi Rahayu Kelurahan Kalongan Kecamatan Purwodadi.
Bupati mengatakan, Grobogan Agro Ekspo dan Gelar Teknologi Pertanian merupakan agenda rutin Pemkab Grobogan. Tujuannya untuk memperkenalkan teknologi terkini bagi para petani sebagai pelaku utama agrobisnis. Kegiatan tersebut juga dijadikan wahana interaksi antara pelaku utama dengan penyuluh pendamping dan para pelaku usaha.
”Interaksi ini diharapkan dapat menyelesaikan berbagai macam persoalan yang terjadi serta membuka peluang kerja sama kemitraan yang saling menguntungkan,” kata Bupati Sri Sumarni Sabtu (25/3) lalu.
Bupati menambahkan, misi besar lainnya yang ingin diwujudkan dari penyelenggaraan Grobogan Agro Ekspo adalah mendorong agar generasi muda kembali berminat untuk  terjun ke bisnis sektor pertanian.
’’Hilangnya minat generasi muda terhadap bisnis pertanian tentunya sangat memprihatinkan kita semua. Di mana bisnis pertanian dianggap sebagai bidang usaha yang tidak menjanjikan,” ucapnya.
Karena itulah, pihaknya melalui even ini mengajak generasi muda untuk meningkatkan kreativitas, bahwa dengan manajemen berbasis pertanian modern, bisnis sektor pertanian tidak akan kalah dengan bisnis di sektor lain.
Sementara itu, pelaksanaan Grobogan Agro Ekspo juga dimeriahkan berbagai macam lomba bertema pertanian yang melibatkan generasi muda. Seperti lomba mewarnai, lomba fotografi, lomba kreasi film pendek, mimbar seni dan kreasi, pemilihan penyuluh cilik serta pemilihan duta tani.
Kegiatan itu sendiri dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sekaligus untuk membuka Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Jawa Tengah dan Jambore Penyuluhan Pertanian se-Jawa Tengah. Gubernur juga ikut didaulat meresmikan Rumah Kedelai Grobogan (RKG).
Pembukaan Agro Ekspo yang berlangsung 25-30 Maret ini turut dihadiri Bupati Blora Djoko Nugroho dan Bupati Jepara Ahmad Marzuqi.
“Pameran ini keren. Banyak inovasi dari petani yang selama ini sudah dibuat. Ke depan para petani harus bisa terus berinovasi,” ucap Ganjar.
Kepala Dinas Pertanian Grobogan Edhie Sudaryanto menambahkan, pihaknya akan terus mengenalkan produk pertanian Grobogan, bahkan sampai ke internasional, salah satunya kedelai.

Sumber Berita : http://radarkudus.jawapos.com/read/2017/03/27/3439/agro-ekspo-kenalkan-teknologi-terkini/