Jumat, 10 Maret 2017

Blora Belajar ke Banyuwangi Susun Kalender Wisata 2017

BLORA – Keseriusan Pemkab Blora menggarap sektor pariwisata mulai direalisasikan. Buktinya, Pemkab memperbaiki sejumlah destinasi wisata. Kerja sama dengan pihak perhotelan dan biro wisata juga dijalin. Tak kalah pentingnya, promosi wisata bakal digalakkan. Terkait dengan promosi wisata tersebut, Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) belajar ke Pemkab Banyuwangi.
Kepala Dinporabudpar Blora Kunto Aji mengungkapkan, pihaknya telah menugaskan bidang pariwisata melakukan studi banding ke Banyuwangi. Tak hanya promosi wisata, studi banding itu juga untuk mempelajari bagaimana menyusun kalender wisata dari beragam event yang diselenggarakan oleh beragam pihak.
‘’Tim dari Bidang Pariwisata sudah berangkat ke Banyuwangi untuk studi banding,’’ujarnya, kemarin. Kepala Bidang Pariwisata Dinporabudpar Heksa Wismaningsih mengemukakan, pihaknya telah menyusun draf kalender event wisata Blora 2017. Dalam penyusunan tersebut, pihaknya mengumpulkan data dari sejumlah dinas dan instansi sekaligus menerima usulan dari sejumlah pihak.
Sepertinya Mudah
Usulan itu terkait dimasukannya beberapa eventdalam kalender wisata Blora 2017. ‘’Jika dilihat sepintas, pembuatan kalander wisata sepertinya mudah. Namun, ternyata tidak semudah yang dibayangkan,’’ tandasnya.
Selain harus memastikan event yang dicantukan dalam kalender akan digelar, event tersebut juga harus menarik, minimal bisa menyedot wisatawan. Penyusunan kalender tersebut tidak hanya berhenti ketika kalender selesai dibuat. Menurutnya, harus ada promosi gencar untuk mempromosikan event yang masuk dalam kalender tersebut. Dukungan semua pihak pun sangat diperlukan.
‘’Kami memilih studi banding ke Banyuwangi karena daerah tersebut selama ini telah terbukti mampu memajukan sektor pariwisatanya. Dari awalnya, tidak dikenal menjadi terkenal dan bisa menyedot ribuan bahkan jutaan wisatawan baik wisatawan dalam negeri maupun turis mancanegara,’’ katanya.

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/blora-belajar-ke-banyuwangi/