Minggu, 12 Maret 2017

Blora Bidik Jadi Tuan Rumah Kejurnas Dayung

BLORA – Blora berkeinginan menjadi tuan rumah kejuaraan dayung tingkat nasional. Keinginan tersebut muncul seiring prestasi yang kerap diraih pedayung Blora di sejumlah kejuaraan regional Jateng maupun nasional.
”Keinginannya memang seperti itu (menjadi penyelenggara kejuaraan dayung tingkat nasional, Red),” ujar Wakil Bupati Blora Arief Rohman, kemarin.
Untuk merealisasikan keinginan tersebut, Pemkab akan meminta dukungan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi. Apalagi Menpora selama ini cukup memberi perhatian kepada cabang dayung Blora.
Menpora pernah melakukan pembicaraan telepon dengan salah seorang mantan atlet dayung Blora, Karni yang difasilitasi oleh Arief Rohman.
Bahkan, Karni diundang untuk menerima penghargaan di Jakarta tahun lalu. Karni adalah mantan pedayung Blora yang pernah meraih medali di sejumlah kejuaraan dayung internasional termasuk di multievent ASEAN Games 1990-an.
Hanya saja perempuan 48 tahun itu masih berstatus pegawai honorer di Pemkab Blora. Kesehariannya dia bertugas sebagai penjaga kebersihan di Taman Wisata Tirtonadi.
Perlu Pembahasan
Ketua Harian Pengurus Kabupaten (Pengkab) Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Blora, Sukiman membenarkan adanya keinginan untuk menjadi tuan rumah kejuaraan dayung tingkat nasional.
”Memang betul Pak Wabup ingin Blora menjadi tuan rumah kejuaraan dayung nasional,” kata Sukiman.
Hanya saja, keinginan tersebut masih harus dibahas lebih detail lagi. Salah satunya menyangkut lokasi perlombaan yang memenuhi standar nasional. Di Blora terdapat dua waduk yang cukup besar, yakni Waduk Tempuran dan Waduk Greneng.
Namun saat musim kemarau, debit air di kedua waduk itu berkurang drastis. Sebab, kedua waduk yang terletak di Kecamatan Blora dan Kecamatan Tunjungan itu hanya mengandalkan pasokan dari air hujan.
Sehingga jika ingin menggelar kejuaraan dayung nasional, kejuaraan itupun harus diadakan saat musim hujan saat debit air di waduk masih banyak. ”Waduk Tempuran kami bidik sebagai tempat pertandingan kejurnas dayung,” kata Arief Rohman. 

Sumber Berita ; http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/blora-bidik-jadi-tuan-rumah-kejurnas-dayung/