Jumat, 17 Maret 2017

BPP-JN Segera Lakukan Perbaikan Talut Sungai Pecangaan Ambles

JEPARA – Setelah lebih dari sepekan amblesnya talut Sungai Pecangaan di Desa Pulodarat Kecamatan Pecangaan tanpa penanganan, dalam waktu dekat Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBP-JN) selaku instansi yang berwenang akan melakukan perbaikan.
Lamanya penanganan lantaran terkendala wewenang. Sebagaimana diketahui, pada 7 Maret lalu talut Sungai Pecangaan, tepatnya di timur Jembatan Pecangaan ambles. Bagian ujung jembatan pun berlubang dan mengancam struktur jembatan. Infrastruktur berupa goronggorong pun ikut ambles.
Adapun status jalan dan jembatan itu adalah jalan nasional. ”Kami sudah berkordinasi dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional. Perbaikan akan segera dilakukan secara total,” kata Kabid Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Permukiman (DPUPR) Jepara Hartaya, Kamis (16/3).
Secara detail, kata Hartaya, perbaikan akan segera dilakukan jika material lain khususnya kabel dan tiang telekomunikasi sudah dibersihkan dari lokasi. Sebab, keberadaan tiang dan kabel itu akan mengganggu proses pembersihan material reruntuhan dan proses perbaikan.
Diperbaiki Seluruhnya
”Kabel-kabel itu milik Telkom dan Indosat. Kami sudah berkomunikasi dengan keduanya agar material kabel dan tiang dibersihkan dari lokasi. Untuk baliho sudah dibersihkan,” tandasnya. Oleh BBPJN, infrastruktur yang rusak akibat amblesnya talut seluruhnya akan diperbaiki.
Hartaya merinci, infrastruktur yang terdampak yakni bagian ujung Jembatan Pecangaan, talut Sungai Pecangaan dan gorong-gorong. ”Menurut informasi, semua infrastruktur yang rusak akan diperbaiki. Sehingga bisa difungsikan secara normal dan tidak melebar,” tambahnya.
Sejak peristiwa amblesnya talut yang menciptakan lubang sedalam tiga meter dengan panjang enam meter dan lebar tiga meter itu, dari pantauan lapangan memang belum ada tindakan berarti. Hanya ada aktivitas perbaikan kabel telekomunikasi dan pembersihan material bangunan tambal ban milik warga yang ikut ambles.

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/bpp-jn-segera-lakukan-perbaikan/