Rabu, 29 Maret 2017

BPSMP Sangiran Wacanakan Bikin Pameran yang Lebih Top di Grobogan

Grobogan – Kepala Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran Sukronedi melontarkan wacana untuk menggelar pameran purbakala lagi di Grobogan. Sama seperti yang sudah dilangsungkan di gedung Wisuda Budaya Purwodadi dari 24-28 Maret. Menurut Sukron, pameran berikutnya tentu tidak akan digelar dalam waktu dekat. Namun, tidak tertutup kemungkinan bisa dilangsungkan pada tahun depan.
Dikatakan, pelaksanaan pameran purbakala di Grobogan memang jadi salah satu prioritas. Alasannya, di Grobogan juga ada banyak penemuan benda purbakala seperti yang terdapat di Sangiran. Khususnya, dari Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus.
Alasan lainnya dilihat dari pelakanaan pameran perdana yang dinilai sukses. Indikasinya, pengunjung yang datang untuk melihat pameran jauh melebihi perkiraan.
“Pameran pertama saya nilai sukses. Nanti kita wacanakan untuk menggelar pameran lagi disini. Untuk pameran mendatang, koleksi yang kita pajang lebih banyak lagi,” jelas Sukron saat dihubungi lewat ponselnya di Grobogan, Selasa (28/3/2017).
Masih dikatakannya, selama ini, pihaknya sudah rutin menggelar pameran di berbagai kota. Seperti di pulau Bali dan Jawa. Untuk tahun ini, selain di Grobogan, pihaknya juga akan mengadakan pameran di lima kota besar di pulau Sumatera. “Dalam waktu dekat kita akan pameran di Sumatera. Tahun depan jadwalnya di Kalimantan,” imbuhnya.
Sementara itu, Kepala Desa Banjarejo Ahmad Taufik menyatakan, pihaknya sangat mendukung jika ada pameran lagi di Grobogan. Sebab, animo masyarakat dinilai cukup besar. Bahkan, masih banyak pengunjung yang kecele karena pameran ternyata sudah berakhir pukul 18.00 WIB tadi.
“Ini, saya masih ditelepon banyak orang yang protes karena gagal lihat pameran. Saya berharap, tahun depan bisa diadakan pameran lagi,” katanya.

Sumber Berita : http://www.murianews.com/2017/03/29/110928/bpsmp-sangiran-wacanakan-bikin-pameran-yang-lebih-top-di-grobogan.html