Jumat, 24 Maret 2017

Bukit Pandang Gunung Kendeng Pati Bakal Dilengkapi Jembatan Goyang dan Flying Fox

Pati – Banyaknya minat wisatawan yang berkunjung di Bukit Pandang Ki Santa Mulya, kawasan Pegunungan Kendeng Desa Durensawit, Kecamatan Kayen, Pati, membuat pengelola akan menambahkan fasilitas baru. Salah satu yang akan ditambahkan, antara lain jembatan goyang, flying fox dan outbond. “Sejak kita buka 18 Januari 2017 lalu, pengunjung setiap hari makin banyak. Bahkan, kita hampir kewalahan untuk menempatkan parkir sepeda motor dan mobil. Namun, kita akan tetap gunakan sistem membanjar dan mengutamakan keamanan karena ini kerja bareng dengan pemuda karang taruna,” kata pengelola Bukit Pandang Ki Santa Mulya, Krisno, Senin (6//3/2017).
Beberapa pengunjung diakui meminta untuk menambah fasilitas berupa kegiatan wisatawan. Karena itu, Krisno rencananya dalam waktu dekat akan menambah fasilitas outbond, jembatan goyang, dan flying fox yang menghubungkan dua bukit gunung.
Namun, Krisno mengaku masih terkendala dua hal, yaitu dana dan pengetahuan untuk membuka fasilitas flying fox dan jembatan goyang. Soal dana, ia masih menunggu dana dari biaya parkir Rp 2 ribu per sepeda motor dan donasi dari berbagai pihak untuk melengkapi fasilitas baru.

Terkait teknis flying fox dan jembatan goyang, ia akan menyekolahkan pemuda karang taruna agar memiliki bekal untuk mengurus teknis penggunaan flying fox dan jembatan goyang. “Ini memang dana pribadi dan dikelola pemuda karang taruna. Jadi, kalau mau menambah fasilitas, kita andalkan pemasukan dari parkir Rp 2 ribu untuk sepeda motor dan Rp 5 ribu untuk mobil,” ucap Krisno.
Tak hanya soal penambahan wahana baru, penambahan fasilitas berupa kamar kecil dan musala juga masih terkendala dana. Sementara dari pemerintah daerah, Krisno mengaku masih belum ada perhatian. Padahal, keberadaan bukit pandang dinilai tidak hanya mendongkrak potensi wisata di Kecamatan Kayen, tetapi juga Kabupaten Pati seluruhnya.
Dia berharap, keberadaan bukit pandang tidak hanya mendongkrak potensi pariwisata di Kabupaten Pati, tetapi juga perekonomian masyarakat setempat. Saat ini saja, sudah ada sekitar sepuluh warung yang berjualan di sepanjang jalan setapak menuju puncak bukit pandang.

Sumber Berita : http://www.murianews.com/2017/03/06/109459/bukit-pandang-gunung-kendeng-pati-bakal-dilengkapi-jembatan-goyang-dan-flying-fox.html