Kamis, 09 Maret 2017

Bupati: Perbanyak Parade Seni Budaya







GROBOGAN – Ribuan warga antusias melihat karnava budaya yang diikuti oleh 23 kelompok seni budaya. Mereka turut ambil bagian dalam kirab budaya dalam rangka hari jadi ke-291 Grobogan di Alun-alun Purwodadi kemarin (6/3).
Mereka memerkan berbagai macam-macam budaya dan tradisi daerah. Penampilan pertama diperagakan Polisi Cilik (Pocil) binaan dari Satlantas Polres Grobogan. Siswa kelas II dan III SD dengan atraktif memperagakan gerakan baris berbaris dan variasi diiringi musik. Kemudian disusul lagi kesenian seperti Asrah Batin, Siram Bende Becak dan Ande-ande Lumut, kentrung, barongan, dan Babat Mrapen Kecamatan Godong, Cinde Laras, Legende Bledug Kuwu, Angguk, tayub, reog Gondoriyo, Joko Tarub, barongsai, adat penganten, dan kosidah. Selain itu, ditampilkan dari kelompok SMP, SMA dan SMK Kabupaten Grobogan.
 Bupati Grobogan Sri Sumarni mengatakan, parade ini untuk melestarikan budaya daerah agar tidak terdesak dengan budaya asing. Sehingga budaya daerah ini dikenal dan dicintai warga sendiri. ”Parade seni budaya ini  diharapkan mengingatkan semua, terutama diri saya untuk senantiasa menciptakan suasana yang menjujung tinggi nilai-nilai budaya lokal,” kata Bupati.
Kirab budaya tersebut dibuka oleh Bupati Grobogan Sri Sumarni yang juga dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda). Setiap kelompok seni yang mengikuti kirab budaya diberikan waktu beberapa menit untuk tampil di depan bupati.
Bupati menambahkan, berbagai seni budaya tradisional diharapkan bisa dilakukan sekolah dan masyarakat agar senantiasa memberi kesempatan sebanyak-banyaknya terhadap tampilnya seni budaya lokal. Pihaknya juga meminta dalam hari jadi ke 291 ini kebersamaan semua pihak dalam mewujudkan suatu tujuan harus senantiasa ditingkatkan agar Grobogan semakin baik dan semakin maju. ”Ayo bersama membangun Grobogan. Kita bersama-sama membangun Grobogan dengan gotong royong,” ujarnya.
Bupati juga mengingatkan agar warga Grobogan tidak melupakan dengan tradisi daerah. “Wong Jawa aja lali Jawane,  Wong Grobogan aja lali Grobogane,” tegasnya.

Sumber Berita : http://radarkudus.jawapos.com/read/2017/03/07/3301/bupati-perbanyak-parade-seni-budaya