Selasa, 28 Maret 2017

Diikuti 60 Kelompok Peserta Kirab

JEPARA-WELAHAN - Kirab Pusaka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Paduka Kongco Hian Thian Siang Tee di Klenteng Hian Thian Siang Tee Welahan akan digelar hari ini. Acara rutin tahunan ini diharap dapat membawa berkah, ketentraman, kemakmuran, bagi umat Tridharma dan masyarakat sekitar.
Kirab akan berlangsung sekitar pukul 12.00 hingga sore kemarin. Peserta kirab sekitar 60 kelompok berasal dari berbagai daerah. Mereka akan mengikuti arakan dari klenteng dan mengelilingi wilayah Welahan.
Sebelum kirab, pagi hari hingga siang sejumlah pertunjukan akan digelar di halaman Klenteng Hian Thian Siang Tee. Di antaranya, pertunjukan Barongsai dan Leong. Baik dari welahan sendiri maupun perwakilan dari klenteng lain. Saat itu juga, akan dilakukan penyerahan Kimsin kepada panitia masing-masing.
Sesepuh klenteng Sugandi mengatakan, kirab kali ini lebih banyak dari tahun lalu. Jumlah peserta sekitar 60 kelompok. Sementara tahun lalu hanya sekitar 50 kelompok. ”Tetapi untuk tahun ini tidak akan diikuti klenteng dari Semarang. Karena di Semarang tahun ini mengadakan kirab sendiri,” katanya.
Sehari sebelum pelaksanaan kirab, kondisi klenteng Hian Thian Siang Tee sudah mulai ramai. Sepanjang jalan di kawasan klenteng lapak-lapak penyedia oleh khas klenteng sudah siap. Beberapa peserta kirab dari luar daerah juga mulai berdatangan. Sekitar pukul 14.00 sudah sekitar 20 kelompok yang datang.
”Dari Padang, Jakarta, Salatiga, Surabaya, dan beberapa daerah lain sudah datang hari ini (Kemarim, Red),” ujar Sugandi.
Sugandi berharap, dengan kirab ini masyarakat bisa aman, tentram, dan makmur. ”Kami berdoa untuk masyarakat dan negara agar selamat dan tidak bermasalah,” katanya. 

Sumber Berita : http://radarkudus.jawapos.com/read/2017/03/28/3452/diikuti-60-kelompok-peserta-kirab/