Kamis, 23 Maret 2017

Jalan Ratu Shima Diperbaiki Sementara

JEPARA – Kerusakan Jalan Ratu Shima di Desa Mulyoharjo Kecamatan Jepara Kota kian parah. Lubang jalan akibat aspal mengelupas menciptakan kubangan yang lebar. Sisi kanan dan kiri jalan di sejumlah titik pun ambles hingga tampak dasar konsturksi jalan.
Material aspal dan batu yang menjadi dasar konstruksi pun terangkat. Kendaraan yang melintas harus berjalan pelan untuk menghindari terpeleset dan badan kendaraan terbentur jalan. Imbasnya, ruas jalan itu menjadi titik kemacetan khususnya saat jam masuk sekolah dan kerja. Kondisi kian parah jika turun hujan. Sebab menyebabkan kubangan air.
Ruas jalan itu pun penuh dengan lumpur. Sugito (43), warga Desa Mulyoharjo Kecamatan Jepara Kota mengemukakan, ketersendatan arus selalu terjadi di ruas jalan itu. Kemacetan panjang bisa terjadi saat jam masuk kerja dan sekolah.
”Pengendara pun kerap harus memutar arah untuk menghindari kemacetan itu,” kata Sugito yang tiap hari mengantarkan anaknya ke sekolah di Jepara Kota itu. Sejumlah pengendara, kata dia, lebih memilih melintasi Jalan Lingkar Mulyoharjo ke arah Kecapi dan selanjutnya masuk ke arah kota. Kondisi ini, lanjutnya, dikhawatirkan akan merusak ruas jalan lain yang menjadi jalur alternatif. Termasuk Jalan Ronggomulyo di Desa Mulyoharjo dan Kelurahan Pengkol.
Diperbaiki
Mengenai kondisi itu, Kabid Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Jepara Hartaya menjelaskan, dari hasil koordinasi dengan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pelaksana Jalan Nasional (PJN), kerusakan tersebut akan segera diperbaiki.
Sebagai langkah awal, akan dilakukan perbaikan sementara. ”Informasinya hari ini (kemarin ñred) kerusakan jalan akan diperbaiki sementara,” terang Hartaya, Rabu (22/3).Teknis perbaikannya, lanjutnya, titik jalan yang aspalnya mengelupas, ambles hingga material jalan yang terangkat akan dikeruk. Selanjutnya akan diuruk dan diaspal.
”Nanti akan dilihat dua sampai tiga hari setelah perbaikan apakah masih ada penurunan jalan atau tidak,” ungkapnya. Jika memang masih terjadi penurunan jalan, dimungkinkan dasar (pondasi) badan jalan akan dibongkar dan diperbaiki secara menyeluruh.
Diakuinya, kerusakan jalan tersebut memang sangat menganggu pengendara. Terlebih jalan tersebut merupakan jalan utama untuk bisa sampai di wilayah Jepara Utara dan Kabupaten Pati di bagian utara. Hartaya mengemukakan, salah satu penyebab titik ruas jalan itu mengalami kerusakan lantaran saluran drainase yang tak berfungsi dengan baik.
Salah satunya lantaran lubang drainase yang membuang air dari badan jalan ke drainase tertutup beton yang dibangun warga dan pengusaha. ”Di depan SPBU Mulyoharjo, lubang drainase tertutup beton untuk jalan masuk area SPBU. Demikian pula di depan rumah warga,” tambahnya.

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/jalan-ratu-shima-diperbaiki-sementara/