Senin, 13 Maret 2017

Jl Kaligawe Mulai Diperbaiki dan Ditinggikan Hanya Bisa Dilewati Satu Jalur

SEMARANG – Jalan Kaligawe Raya dari depan SPBU Kaligawe sampai jembatan tol Kaligawe yang beberapa waktu lalu sering terendam rob dan banjir, mulai ditinggikan. Hingga kemarin baru satu lanjur di sisi barat jalan yang ditinggikan.
Karena jalan tengah diuruk, maka hanya satu lajur yang bisa dilalui kendaraan dari arah kota menuju ke jembatan tol Kaligawe. Hal itu memicu antrean kendaraan.
Antrean memanjang saat kereta api melintas di sebidang rel di jalan tersebut. ‘’Sejak beberapa hari lalu, peninggian mulai dilakukan. Jalan tersebut masih bisa dilewati kendaraan, tetapi hanya satu lajur saja.
Lalu lintas macet saat pagi dan sore hari. Kami harap, perbaikan tersebut dapat segera diselesaikan,’’ ujar Dhani (30) warga Kaligawe, kemarin.
Kepala Satker Metropolitan Semarang, Danang Tri Wibowo, menjelaskan tidak hanya Jalan Kaligawe Raya saja yang tengah diperbaiki.
Jalan Semarang-Demak dan juga Jalan Semarang-Kendal, juga sudah mulai diperbaiki, Maret ini. Jalan Semarang-Demak dan Jalan Semarang-Kendal yang rusak berlubang, tengah dikeruk. Kemudian diisi lagi dengan kerikil dan diaspal dua kali.
Di Semarang-Kendal ada beberapa titik, seperti di Truko Kendal yang jalannya beda tinggi. Kemudian di depan Terminal Mangkang. ‘’Kami sudah mulai pengerjaan, harapannya H-10 sebelum Lebaran, semua sudah selesai.
Pasalnya di saat itu, sudah tidak boleh ada pengerjaan jalan. Nantinya, Jalan Kaligawe Raya dari jembatan tol Kaligawe ke arah Terminal Terboyo, juga akan diperbaiki, tetapi tidak ditinggikan,’’ ujar Danang, kemarin.
Macet
Terkait macet, di Jl Kaligawe Raya, dia meminta agar pengguna jalan bersabar. Saat satu ruas diperbaiki. Hanya satu ruas jalan saja yang bisa dilewati.
Hal tersebut memicu antrean kendaraan saat melaluinya, apalagi saat ada kereta api yang melintas. Danang menuturkan, perbaikan dilakukan bertahap.
Untuk pertama ini ditinggikan satu ruas di sisi barat. Nanti akan ditinggikan satu meter. Setelah itu, baru meninggikan dan memperbaiki sisi timur jalan tersebut.
Nantinya, jalan tersebut akan dibeton. ‘’Perbaikan bertahap tersebut dilakukan agar pengguna jalan masih bisa lewat, jadi tidak ditutup total.
Untuk rel kereta api, tidak ada masalah karena sudah tinggi. Nanti jalannya yang akan disesuaikan dengan tinggi rel tersebut,’’sambungnya.
Keputusan untuk meninggikan, karena jalan tersebut masih sering terendam rob dan banjir. Padahal tahun lalu, jalan tersebut sudah ditinggikan 15 sentimeter dengan anggaran sekitar Rp 300 juta.
Tetapi karena sering terendam air, jalan tersebut rusak lagi. Adapun tahun ini, jalan Kaligawe Raya diperbaiki dan ditinggikan dengan anggaran Rp 20 miliar.
Adapun perbaikan jalan Semarang- Demak, dan Semarang-Kendal, masingmasing dialokasikan Rp 50 miliar. Semua ditarget rampung tahun ini.

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/jl-kaligawe-mulai-diperbaiki-dan-ditinggikan/