Senin, 27 Maret 2017

Makam Kartini Mulai Dibenahi Wisata Waduk Kartini Dikembangkan

REMBANG – Sebulan menjelang peringatan Hari Kartini, Makam Kartini di Desa/Kecamatan Bulu mulai mengalami peningkatan pengunjung. Peningkatan kunjungan terlihat pada hari Sabtu-Minggu, (25- 26/3).
Siti (46), salah satu pedagang di kompleks Makam Kartini mengatakan, beberapa hari ini pengunjung yang datang ke Makam Kartini cederung lebih banyak. ’’Di sini tidak ada tiket. Jadi tidak bisa dilihat berapa banyak yang datang.
Tapi pada Sabtu dan Minggu jumlah pengunjung terlihat lebih banyak,’’kata Siti. Dia menambahkan, pada hari-hari biasa kunjungan cenderung lebih sepi. ’’Pada hari kerja, pengunjung tidak sebanyak Sabtu dan Minggu ini.
Pengunjung kalau hari kerja paling dari sekitar Bulu,’’ imbuhnya. Sebulan menjelang peringatan Hari Kartini, Makam Kartini itu juga terlihat mulai dipercantik.
Sejumlah pekerja kemarin terlihat membersihkan areal makam. Pagar dan tembok juga turut dibersihkan. Selain makam pahlawan emansipasi perempuan tersebut, di sekitar area makam saat ini juga tengah dikembangkan wisata alam dan danau oleh Pemerintah Desa Bulu.
Bebak Kayuh
Wisata alam dan danau itu berada di sebelah barat lokasi makam. Untuk mencapai lokasi tersebut, pengunjung bisa melewati jalan setapak di utara areal makam. Sekretaris Desa Bulu, Sunarto mengatakan di areal Danau Kartini saat ini sudah di buat areal taman dan rest area. ‘’Selain itu, di danau juga sudah ada bebek kayuh untuk digunakan pengunjung,’’terangnya.
Pemerintah desa pada saat Aprilan nanti, rencananya juga akan membuka area flying fox sepanjang tak kurang 50 meter dengan ketinggian 20 meter yang membelah tengah waduk.
’’Saat ini kami masih persiapan untuk fasilitas tersebut. Semoga kehadiran flying fox mampu menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Desa Bulu,’’ucapnya.
Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dwi Purwanto mengatakan pada event kartinian tahun ini sejumlah tokoh nasional direncanakan hadir di Rembang untuk berziarah ke Makam Kartini.
Beberapa diantaranya adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Puan Maharani dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawangsa.
’’Selain itu, ada juga dari pejabat provinsi. Kami masih menanti konfirmasi kehadiran para tokoh nasional itu,’’ kata Dwi.

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/makam-kartini-mulai-dibenahi/