Senin, 13 Maret 2017

Musrenbang Diharapkan Dapat Cari Solusi Bencana

KUDUS – Solusi dari sejumlah persoalan kebencanaan yang beberapa kali terulang akan diupayakan. Salah satunya menyampaikannya ke pemerintah provinsi dalam musrenbang tingkat regional di Kudus pada 14 Maret besok.
Camat Undaan, Catur Widiyatno, Minggu (12/3) mengatakan, di wilayahnya terdapat sejumlah persoalan yang perlu segera diatasi, .terkait kewenangan, baik di tingkat provinsi maupun pusat.
”Musrenbang merupakan kesempatan bagi kami untuk menyampaikan ke pihak yag terkait.” Persoalan yang dihadapi wilayahnya yakni banjir bandang dari lereng Pegunungan Kendeng, limpasan air sungai ke sejumlah sawah, dan normalisasi Sungai Juwana.
Sebagian kewenangan itu tidak berada di kabupaten. Pembuata sabo dam, kata dia, selain butuh biaya besar, juga harus dikoordinasikan dengan Pemkab Pati dan Grobogan. Dalam musrenbang wilayah, pemprov diharapkan dapat mencarikan solusi atas berbagai persoalan.
”Termasuk sehubungan rencana normalisasi Sungai Juwana dan Wulan berikut penanganan infrastruktur pendukungnya.” Secara terpisah, Kepala Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Setiyo Budi menyatakan, pihaknya berharap ada solusi komprehensif.
Salah satunya, terkait dengan dampak kerusakan hutan mengingat pihaknya tidak dapat menangani sendiri. Berbagai upaya sebenarnya sudah pernah dilakukan, termasuk berkoordinasi dengan Perhutani dan instansi terkait lain.
Hanya hal itu masih membutuhkan kontribusi pihak lain, terutama dua wilayah, Pati dan Grobogan. Menurutnya, penanganan kerusakan hutan tidak akan maksimal bila hanya dilakukan salah satu wilayah.
Juga, penanganan persoalan banjir di sawah yang berulang kali terjadi akibat limpasan air Sungai Londo dan kondisi lahan yang berupa cekungan.

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/musrenbang-diharapkan-dapat-cari-solusi-bencana/