Jumat, 17 Maret 2017

Pabrik Semen Rembang Siap Berproduksi di Tengah Badai Demo


Rembang, Di tengah sorotan aksi mengecor kaki dengan semen sejumlah warga yang menolak kehadiran pabrik semen di Pegunungan Kendeng, Rembang, Jawa Tengah, pihak PT Semen Indonesia (Persero) Tbk justru menyatakan kesiapannya untuk memulai proses produksi pada April 2017 mendatang.

Sejak mendapatkan izin penambangan dan izin lingkungan baru dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah pada 23 Februari 2017 lalu, Semen Indonesia bergegas merampungkan pembangunan pabriknya di Rembang.

Selama sepekan ini, proyek pembangunan pabrik Semen Rembang telah dinyatakan rampung 100 persen, sehingga pabrik pun siap untuk beroperasi.

Kepala Proyek Pabrik Rembang Heru Indrawidjajanto menyatakan jika pabrik semen Rembang kini tengah melakukan proses uji coba (trial) produksi dari satu tahapan ke tahapan lain. Proses tersebut dimulai dari penambangan, pengambilan material, pemecahan material, pemasakan hingga produksi. Untuk uji coba mesin produksi, sementara ini masih menggunakan material yang didatangkan dari Tuban, Jawa Timur.

"Kalau untuk proyek pembangunan sudah rampung 100 persen. Sekarang ini kita terus trial atau uji coba produksi meski materialnya sementara pakai material yang didatangkan dari Tuban,” kata Heru, Kamis (16/3).

Dalam uji coba produksi ini, pabrik Semen Rembang mampu menghasilkan semen sebanyak 6 ribu ton per hari, dari yang ditargetkan 8.600 ton per hari.

Sampai Desember 2017, Heru memperkirakan pabrik yang dibangunnya bisa mencapai produksi 1,9 juta ton per tahun. Angka ini sendiri merupakan 60 persen dari kapasitas produksi pabrik Rembang sebanyak 3 juta ton per tahun.

Beberapa warga di Pegunungan Kendeng, mengaku khawatir dengan kerusakan alam yang terjadi atas penambangan pabrik Semen Rembang. Namun, manajemen menjawabnya dengan membangun embung atau sumber air di Desa Tegaldowo, Kecamatan Gunem, Kabupaten Rembang yang sementara masih bersumber dari air hujan.

Tak hanya itu, Semen Indonesia juga telah menyelesaikan pipanisasi air bersih yang langsung ke sejumlah rumah warga sehingga warga tidak perlu takut dan khawatir kesulitan mendapatkan air bersih.
Sumber Berita : http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20170316164252-92-200661/pabrik-semen-rembang-siap-berproduksi-di-tengah-badai-demo/