Rabu, 22 Maret 2017

Pengangkutan Logistik Andalkan Kapal Kayu

JEPARA – Pengangkutan logistik ke Kecamatan/Kepulauan Karimunjawa akan andalkan kapal kayu hingga puluhan hari kedepan. Itu lantaran KMP Siginjai yang menjadi andalan pengangkutan logistik menjalani docking.
Meski demikian, proses pengangkutan logistik tidak mengalami kendala. Sebab selain logistik dengan partai besar sudah terangkut, juga karena kondisi gelombang di wilayah perairan aman untuk pelayaran.
Kabid Perhubungan Laut pada Dinas Perhubungan Jepara Suroto menjelaskan, pengumuman soal jadwal docking KMP Siginjai sudah dilakukan sejak sebulan sebelumnya.
Sehingga pengiriman logistik dalam partai besar sudah disesuaikan dengan jadwal itu. ”Logistik dalam jumlah besar dan berat seperti bahan bangunan sudah dilakukan sebelum docking KMP Siginjai yang dimulai Senin kemarin,” kata Suroto, Selasa (21/3).
Sedangkan untuk pengangkutan logistik dalam partai kecil dan cenderung ringan, jelasnya, dilakukan dengan kapal kayu. Selain juga diangkut dengan KMC Express Bahari untuk barang yang bisa dibawa oleh penumpang.
”Secara umum tidak ada masalah. Terlebih gelombang laut saat ini aman untuk pelayaran. Hanya angin yang masih cukup kencang,” terangnya. Demikian halnya dengan distribusi BBM untuk SPBU Karimunjawa.
Menurut Suroto berdasarkan informasi yang diterima, Pertamina bekerjasama dengan pelayaran rakyat dalam proses distribusi. Sehingga stok BBM untuk Karimunjawa tetap aman.
Perawatan
Terpisah Kepala Cabang PT ASDP Jepara Yudi Yanuar menjelaskan, docking KMP Siginjai dimungkinkan akan memakan waktu hingga 25 hari kedepan. Docking di lakukan di Semarang. ”Docking itu merupakan perawatan rutin kapal. Yakni sekali dalam setahun,” kata Yudi.
Dijelaskan, docking dilakukan untuk memeriksa dan merawat keseluruhan bagian kapal. Itu untuk memastikan kondisi kapal baik selama pelayaran mendatang.
”Docking kapal penumpang memang berbeda dengan kapal cargo (barang) yang dilakukan dua tahun sekali. Kapal penumpang rutin setahun sekali,” tambahnya.

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/pengangkutan-logistik-andalkan-kapal-kayu/