Kamis, 23 Maret 2017

Proyek Cor Kurangi Resapan Air

KUDUS- Kemerebakan proyek pembangunan yang menggunakan media cor beton seperti jalan dan bangunan perlu dikaji kembali.
Wakil Ketua DPRD Kudus Ilwani mengatakan, penggunaan media cor untuk jalan maupun bangunan memang memiliki keunggulan dari segi keawetan. Namun di sisi lain, penggunaan media cor juga menghilangkan fungsi tanah sebagai resapan air.
”Akibat berkurangnya daerah resapan air, dikhawatirkan berdampak pada lingkungan dalam jangka panjang,” katanya, Rabu (22/3). Ilwani mengatakan, penggunaan media cor memang tidak bisa dihindarkan mengingat manfaatnya untuk jangka panjang.
Namun, pemkab perlu membuat kajian teknis untuk mengantisipasi dampak jangka panjang atas penggunaan material tersebut. ”Pemkab Kudus harus memperbanyak daerah resapan air, agar air hujan tetap bisa diserap oleh tanah dan tidak langsung hilang atau bahkan memicu banjir dan genangan air di permukiman,” katanya. Kekhawatiran itu cukup beralasan.
Pasalnya setiap hujan turun, banyak daerah di perkotaan yang tergenang air. Padahal hujan mengguyur tak sampai satu jam, sudah banyak jalan yang tergenang. ”Butuh penataan yang serius untuk mengantasipasi dampak negatif dari proyek-proyek pembangunan,” katanya.
RTH Ideal
Sekretaris Komisi C DPRD Kudus Akhmad Fathul Azis menambahkan, luasan ruang terbuka hijau di Kabupaten Kudus, khususnya di wilayah perkotaan masih jauh dari ideal.
Idealnya, RTH sebuah kota mencapai 30 persen hingga 40 persen. ”Di Kudus masih jauh dari ideal,” katanya. Terpisah, Kepala Dinas Perumahan Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Sumiyatun mengatakan, Pemkab Kudus terus berupaya menambah jumlah RTH. Hingga kini, sudah sebanyak 33 taman dibangun.
Tahun ini, Pemkab Kudus akan membangun taman RTH baru di Jekulo. ”Kami juga berencana membangun taman di Desa Medini, Kecamatan Undaan. Namun kami mengkaji ulang karena ternyata lahan yang akan digunakan milik PSDA,” katanya.

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/proyek-cor-kurangi-resapan-air/