Jumat, 10 Maret 2017

Puluhan Sopir Bus Jalani Pemeriksaan Kesehatan

REMBANG - Aparat Satlantas Polres Rembang, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan Jasa Raharja Kamis pagi kemarin menggelar pemeriksaan kesehatan dan tes urine bagi puluhan awak angkutan bus umum dan pariwisata di Terminal Rembang.
Pemeriksaan kesehatan dan tes urine bagi awak angkutan bus umum dan pariwisata itu merupakan bagian dari Operasi Simpatik Candi 2017. Wakil Kepala Polisi Resor Rembang Kompol Prananda Subiyakto SH M Hum mengatakan pemeriksaan kesehatan dan tes urine itu untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban berlalu lintas di Rembang.
Dia mengatakan dari temuan pemeriksaan kesehatan ada sopir yang memiliki tensi 180/65 hingga 200/100. Tensi ini tergolong di atas normal 110/70 sampai 120/80. Bagi sopir yang sedang memiliki tensi tinggi, dia mengimbau untuk berhati-hati saat mengemudikan kendaraannya.
Penumpang, kata dia, juga diminta untuk mengingatkan sopir saat ngebut. ”Kesehatan sopir sangat berpengaruh ketika mengemudikan kendaraannya. Terlebih kendaraan yang dikemudikan mengangkut penumpang. Jika sampai terjadi kecelakaan, dampaknya sangat berat. Dengan pemeriksaan kesehatan ini, kami ingin mencegah kejadian seperti itu sejak dini,”terang dia.
Tes Urine
Selain pemeriksaan tensi, dia mengatakan awak angkutan juga diperiksa urine untuk memastikan mengandung narkoba atau tidak. ‘’Sementara ini kami belum menemukan urine yang mengandung narkoba. Sehingga sopir yang kami periksa negatif narkoba,’’ terang dia. Salah seorang pengemudi bus Indonesia, Mistohar mengaku pemeriksaan kesehatan adalah hal yang lumrah. Terlebih, dia juga kerap mengikuti pemeriksaan serupa di daerah lain.
‘’Hal seperti ini (pemeriksaan kesehatan, Red) sudah biasa kami lalui. Kami senang bila ada pemeriksaan kesehatan,’’kata dia. Dia mengaku kesehatan sangat berpengaruh bagi awak angkutan. Untuk menjaga kondisi badan tetap fit saat mengemudi, dia mengaku memilih untuk mengkonsumsi vitamin dari dokter. ‘’Kalau vitamin dari dokter biasanya rutin kami konsumsi,’’ jelas dia.

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/puluhan-sopir-bus-jalani-pemeriksaan-kesehatan/