Rabu, 29 Maret 2017

Replika Gajah Purba Jadi Kebanggaan

BLORA -SALAH satu temuan fosil di DAS Bengawan Solo di Kecamatan Kradenan, Blora, yang dinilai spektakuler adalah fosil gajah purba (Elephas hysudrindicus). Pasalnya, temuan Tim Vertebrata Museum Geologi Bandung ini merupakan penemuan†fosil†gajah†purba terlengkap selama 100 tahun terakhir dan†fosilnya†relatif utuh.
Tim peneliti yang terdiri atas Fachroel Aziz, Iwan Kurniawan, Dadang, dan Gert Dirk van den Bergh menemukan†fosil gajah†purba yang diperkirakan berusia†sekitar 200.000 hingga 800.000 tahun. Setelah dilakukan penggalian (ekskavasi),†fosil†yang ditemukan Maret 2009 di Dusun Sunggun itu, dibawa ke Museum Geologi Bandung. Di tempat itulah selanjutnya dilakukan penyatuan (rekonstruksi)† fosil-fosil†yang sebelumnya terpisah satu dengan lain.
Museum Geologi Bandung kemudian merilis fosil†gajah†purba yang sudah disatukan itu pada 19 Mei 2014. Adapun satu replika fosil gajah purba dibawa ke Blora dan hingga kini ditempatkan di ruang pamer di sebelah barat gedung Sasana Bakti Blora. Replika fosil gajah purba Blora yang dipamerkan di ruangan di kompleks gedung Sasana Bakti menarik perhatian warga.
Mereka datang untuk melihat replika fosil yang pernah menghebohkan bidang ilmu arkeologi tersebut. Tak hanya sendiri ataupun bersama keluarga, mereka yang melihat dari dekat replika fosil datang berombongan, di antaranya anak TK, SD, hingga mahasiswa. ‘’Saat hari libur sekolah semakin banyak warga yang datang ke sini melihat replika gajah purba,’’tandas Maryanto, salah seorang penjaga ruangan replika gajah purba.
Pemkab Blora membuka ruang pamer replika fosil gajah purba Blora untuk umum. Ruang pamer yang berada di pusat kota atau tepatnya di sebelah barat gedung Sasana Bakti memudahkan warga setiap saat datang ke lokasi. ‘’Sekalian ngajak teman dari luar kota untuk melihat replika gajah purba,’’ kata Imam Wahyudi, salah seorang mahasiswa Yogyakarta. Mereka menjadi tahu bahwa Blora sesungguhnya merupakan daerah yang menyimpan banyak potensi di bidang arkeologi. ‘’Dengan datang ke sini, pengetahuan akan bertambah,’’tandasnya.

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/replika-gajah-purba-jadi-kebanggaan/