Jumat, 17 Maret 2017

Rp 2,6 Miliar untuk KPU Pilkada Kudus 2018

KUDUS – Pemkab Kudus mengalokasikan anggaran Rp 2,6 miliar untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus. Alokasi itu masih jauh dari usulan yang diajukan KPU sebesar Rp 24 miliar.
Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan, dan Aset Daerah (BPPKAD) Kudus, Eko Djumartono mengatakan, Pemkab Kudus baru menyetujui anggaran Rp 2,6 miliar untuk keperluan pentahapan pelaksanaan pilkada. Ia mengatakan, Pemkab Kudus masih menunggu pembagian (sharing) anggaran antara Pemkab Kudus dan Provinsi Jateng.
”Karena Pilkada 2018, berbarengan antara pemilihan bupati dan gubernur, nantinya akan ada sharing anggaran antara pemkab dan pemprov. Tahun ini kami alokasikan untuk pentahapannya dulu,” katanya, Kamis (16/3). Pencairan alokasi anggaran untuk KPU segera dilakukan setelah ada verifikasi serta pembagian anggaran dengan Pemprov Jateng sudah ada kejelasan.
Pada 2016, KPU Kabupaten Kudus mengusulkan anggaran pelaksanaan Pilkada Kudus 2018 sebesar Rp 24 miliar. Hanya usulan tersebut masih bersifat sementara karena hingga kini belum diketahui pembagian anggaran antara Pemkab Kudus dan Provinsi Jateng. Pada pilkada sebelumnya, Pemkab Kudus menyediakan anggaran untuk tahun anggaran 2012 Rp 3,2 miliar. Tahun 2013, Pemkab Kudus kembali menganggarkan Rp 12,5 miliar, namun yang terserap Rp 5,065 miliar
Pengamanan
Tidak hanya KPU, Pemkab Kudus juga akan mengalokasikan anggaran untuk Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), serta pengamanan pemilu untuk Polri dan TNI. Untuk Panwaslu, pengajuannya masih menunggu pembentukan jajaran Panwaslu. ìPolres Kudus sudah mengajukan anggaran Rp 2,65 miliar untuk pengamanan Pilkada Kudus 2018.
Sementara usulan anggaran dari Kodim Kudus belum diterima.” Disebutkan, pengajuan anggaran pengamanan dari Polres Kudus belum diverifikasi, sehingga belum bisa dipastikan besarnya anggaran yang akan dikucurkan.
ìAnggaran yang diajukan tersebut sudah termasuk pengamanan ketika ada pemungutan suara ulang.” Pada pemilu sebelumnya, Pemkab Kudus mengalokasikan anggaran Rp 2,3 miliar untuk kepolisian serta TNI. ìSaat ini sedang dirapatkan terkait OPD (organisasi perangkat daerah ñ Red) yang bertanggung jawab.”
Diperkirakan, dana untuk KPU dan Panwaslu akan dialokasikan melalui Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). Sementara untuk pengamanan pilkada dari Polres dan Kodim 0722/Kudus akan dialokasikan melalui Satpol PP. ìAkan ada banyak OPD yang disiapkan untuk pos anggaran pemilu.”

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/rp-26-miliar-untuk-kpu/