Minggu, 19 Maret 2017

Rumah Warga Rusak Akibat Banjir Bandang yang Melanda Kawasan Jaken Pati

Hujan lebat yang melanda kawasan Kecamatan Jaken, Pati, Sabtu (18/3/2017), mengakibatkan sungai di Desa Sriwedari, Jaken, meluap. Akibat banjir bandang tersebut, rumah warga setempat, Murap (72), mengalami kerusakan pada bagian dapur. Rumahnya yang berdekatan dengan sungai ikut terkena banjir bandang.
“Rumah warga kami ada yang rusak di bagian dapur, karena tergerus arus sungai yang deras. Bagian pondasi rumah mengalami sedikit longsor. Kerusakan ini akibat pergerakan tanah yang mengalami pergeseran karena derasnya arus sungai yang meluap,” kata Supat, Kepala Desa Sriwedari.
Saat ini, kondisi rumah masih berdiri dengan baik. Namun, ia khawatir bila ada banjir bandang susulan akan menyebabkan rumah Murap kembali terpapar banjir dan roboh.
Karena itu, masyarakat berbondong-bondong melakukan antisipasi dengan memperbaiki bagian dapur. “Kami naikkan tanah dengan menimbun sekitar sungai dengan alat berat. Tanah daerah aliran sungai (DAS) diperkuat supaya tanah tidak bergerak saat diterjang banjir bandang di sungai,” tuturnya.
Dia berharap, antisipasi penguatan tanah di sekitar rumah warga yang dekat sungai diharapkan bisa mengurangi dampak bencana. “Tadi, hujan berlangsung selama sejam dan tibat-tiba muncul air deras dari sungai. Kami berharap, warga di sekitar sungai bisa segera melaporkan dan koordinasi untuk menanggulangi risiko bencana akibat banjir bandang,” pungkasnya.

Sumber Berita : http://www.murianews.com/2017/03/18/110306/rumah-warga-rusak-akibat-banjir-bandang-yang-melanda-kawasan-jaken-pati.html