Rabu, 08 Maret 2017

Seluruh SMK Siap Gelar UNBK

PATI – Sejumlah sekolah mulai melakukan langkah persiapan menghadapi ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Bahkan sejumlah sekolah mulai menggelar simulasi dalam pelaksanaan UNBK.
Simulasi itu dilakukan agar para peserta didik yang akan mengikuti UNBK tidak canggung maupun kesulitan saat pelaksanaannya.
Mereka diharapkan dapat menguasai dan memahami penggunaan komputer untuk ujian akhir tersebut. Pelaksanaan simulasi seperti yang dilakukan di SMK 3 Pati yang dimulai Senin (6/3) hingga Selasa (7/3) ini.
Sebanyak 272 siswa nampak serius mencoba sistem ujian yang terbilang baru ini. Kepala SMK 3 Pati Sunoto mengatakan, dalam ujian kali ini pihaknya memang telah melakukan sejumlah persiapan.
Baik menyiapkan sarana dan prasarana seperti 130 komputer, server maupun genset hingga menggelar simulasi UNBK. “Kami menggelar tiga kali simulasi, sedangkan untuk yang kali ketiga nanti kami lakukan pada tanggal 3 hingga 6 April 2017,” kata Sunoto, kemarin.
Pria yang juga menjabat sebagai ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kabupaten Pati itu menyebutkan, tingkat partisipasi SMK dalam mengikuti UNBK mencapai 100 persen.
“Sebanyak 42 sekolah menengah kejuruan semuanya sudah siap untuk mengikuti UNBK,” imbuhnya. Dirinya menyebut kebijakan UNBK memang terbilang cukup baik. Pasalnya dengan berbasis komputer biaya penyelenggaraan jauh lebih murah.
Selain itu proses ujiannya juga dapat lebih jujur dan aktual. Selain SMK 3 Pati,sejumlah madrasah rupanya juga memilih untuk menggunakan sistem UNBK seperti Madrasah Aliyah Salafiyah Kajen. Di madrasah tersebut sebanyak 326 siswanya akan mengikuti ujian dengan komputer.
“Sebagai bentuk kesiapan, kami telah menyiapkan 122 unit komputer,dengan enam unit server,” ujar Arif Sutoyo guru MA Salafiyah Kajen. Dalam simulasi ujian itu sendiri dikatakannya digelar dalam tig gelombang.
Untuk simulasi pertama dilakukan minggu ketiga Februari lalu. Sedangkan untu simulasi kedua rencananya dilakukan pada tanggal 13 hingga 14 Maret mendatang.

Sumber Berita ; http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/seluruh-smk-siap-gelar-unbk/