Rabu, 29 Maret 2017

Tahun Ini, 401 Desa di Pati Digelontor Dana Ratusan Miliar


Pati – Sebanyak 401 desa di Kabupaten Pati akan digelontor dana desa (DD) sebanyak Rp 317,4 miliar. Belum lagi, alokasi dana desa (ADD) jumlahnya mencapai Rp 130,1 miliar.
Karena itu, penggunaan anggaran sebesar itu di masing-masing desa diharapkan mendapatkan pengawasan yang ketat dari masyarakat. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pengembangan Desa Dinas Pemberdayaan masyarakat dan Desa (Dispermades) Pati Sunaryo, Selasa (28/3/2017).
“DD dan ADD jumlahnya sangat besar. Tujuan pemerintah menggelontorkan dana sebesar itu bukan tanpa alasan, tetapi untuk membangun desa supaya bisa maju. Kalau semua desa maju, maka daerah secara keseluruhan juga akan maju,” kata Sunaryo.
Namun, niat baik pemerintah untuk memajukan desa mesti mendapatkan pengawasan dari masyarakat. Sebab, dana sebesar itu akan sia-sia bila tidak digunakan sebaik mungkin untuk kemajuan desa, sesuai peruntukannya.
“Kalau tidak tepat peruntukannya, apalagi seandainya dikorupsi, maka tidak dapat menyejahterakan masyarakat desa. Oleh sebab itu, kami meminta kepada masyarakat untuk ikut mengambil peran mengawasi dan mengontrol penggunaannya supaya tepat sasaran, sesuai aturan,” tuturnya.
Selain DD dan ADD, desa juga memiliki sumber dana lainnya, seperti pendapatan asli desa, pengembalian distribusi, bantuan pemerintah provinsi dan berbagai bantuan lainnya. Pembagian DD sendiri didasarkan pada jumlah penduduk dan luas wilayah, jumlah kemiskinan, serta indeks kesulitan geografis.
Pencairan DD dan ADD dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama sebesar 60 persen yang dicairkan Maret dan tahap kedua sebesar 40 persen yang akan dicairkan pada Agustus. Penggunaan dana tersebut akan diserahkan pengelolannya pada pemerintah desa.


Sumber Berita : http://www.murianews.com/2017/03/28/110902/tahun-ini-401-desa-di-pati-digelontor-dana-ratusan-miliar.html