Jumat, 10 Maret 2017

Tambahan Kuota Haji Blora 136 Orang

BLORA – Blora mendapat tambahan kuota haji sebanyak 136 orang. ‘’Hasil verifikasi kami memang kita dapat tambahan kuota 136 calon haji.
Kita tinggal menunggu ketetapan resmi dari pemerintah,’’ tandas Kasi Umrah dan Haji Kantor Kemenag Blora, Muhaimin, kemarin. Dia menjelaskan, sambil menunggu nama-nama calon haji yang berhak melunasi, menurut KMA No.75 Tahun 2017, 136 nama yang masuk kuota tambahan itu akan diundang Kemenag untuk menerim penjelasan.
‘’Karena aula Kantor Kemenag Blora terbatas, kami akan undang secara bergantian pada 13 dan 14 Maret 2017. Untuk undangan sudah kami sebar melalui KUA di masingmasing Kecamatan,’’ jelas Muhaimin. Sebagaimana diketahui, menyusul ada pengumuman tambahan kuota haji secara nasional, Blora berharap akan dapat tambahan kuota 125 kursi. Dengan demkian, jika selama ini kuota haji Blora hanya sekitar 500 orang, tahun 2017 mencapai 600 kursi.
Harus Melunasi
Selama ini, kuota haji Blora 506 orang. Jika dapat tambahan 125 kursi, kuota haji Blora bisa mencapai sekitar 600. Dengan catatan, calon jamaah yang masuk kuota melunasi semua.
‘’Itu hitungan kasar, namun semuanya masih menunggu hitungan pasti kuota Jawa Tengah,’’ jelas Imawan, staf di Seksi Umrah dan Haji Kantor Kemenag Blora. Jika saja tidak ada tambahan kuota haji dari pemerintah Arab Saudi, dipastikan daftar tunggu haji di Blora semakin panjang saja, yakni 23 tahun.
Artinya, bagi seseorang yang mendaftar haji pada November 2016, jadwal berangkat ke Tanah Suci pada 2039. Muhaimin memperkirakan daftar tunggu haji di Blora diperkirakan akan semakin panjang. Mengingat, hingga saat ini, di setiap harinya banyak warga Blora yang mendaftar haji.

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/tambahan-kuota-haji-blora-136-orang/