Rabu, 08 Maret 2017

UMKM Didorong Ekspor Produk







KUDUS – Para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kabupaten Kudus didorong agar bisa melakukan ekspor produk ke luar negeri. Berbagai poduk mereka dinilai sudah mampu bersaing dengan produk dari negara-negara tersebut.
Kasi Perdagangan Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Tedi Hermawan mengatakan, tahun ini pihaknya menargetkan ada UMKM yang mampu menembus pasar luar negeri.
Agar mampu menembus pasar baru, para pelaku UMKM akan diperkenalkan dengan berbagai mekanisme impor yang saat ini bisa diakses oleh para pelaku usaha.
“Secepatnya kami akan menggelar workshop mengenai mekanisme eskpor,” kata Tedi, kemarin.
Menurutnya, beberapa produk hasil UMKM di Kabupaten Kudus sudah layak ekspor, seperti industri fashion, makanan, hasil logam, dan suvenir.
Hasil kerajinan ini sebenarnya sudah ada yang dikirim ke luar negeri, namun masih dalam jumlah terbatas dan tidak dilakukan sendiri.
Inovasi Kemasan
”Masih sekedar buah tangan atau dibawa sendiri oleh buyer dari luar negeri,” terangnya. Agar bisa melakukan ekspor, para pelaku UMKM harus bisa menjaga stabilitas produksi dan kualitas.
Stabilitas produksi dilakukan sebagai upaya untuk menjamin ketersediaan barang dari produsen. Sedangkan kualitas harus dijaga agar konsumen bisa percaya sehingga kegiatan ekspor bisa berlanjut.
Tak sekedar itu, para pelaku usaha juga harus mulai melakukan inovasi terhadap kemasan produk.
Kemasan sangat penting untuk mendongkrak harga dan kepercayaan pembeli. Kemasan harus dibuat lebih modern agar konsumen percaya.
Perajin tas di Desa Gulang, Kecamatan Mejobo Abdul Muchit mengatakan, saat ini produknya masih mengandalkan penjualan lokal. Padahal, secara kualitas tas buatannya sebenarnya tidak kalah dengan produk- produk buatan luar negeri seperti Tiongkok.
Dirinya berharap, produknya bisa diterima hingga luar negeri. Namun sayangnya, pengetahuan tentang ekspor belum dimiliki. Begitu juga segmen pasar luar negeri yang akan diincar.

Sumber Berita :  http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/umkm-didorong-ekspor-produk/