Rabu, 19 April 2017

Beras Sejahtera Disalurkan Jumat Jumlah KPM Menurun

PATI - Lantaran menunggu data by name by address dalam keluarga penerima manfaat (KPM), penyaluran beras sejahtera (rastra) terhambat hingga tiga bulan. Namun, rastra yang terhambat itu dipastikan akan segera disalurkan meskipun bertahap.
Hal itu dilakukan setelah rapat koordinasi yang dilakukan pihak Pemkab Pati yang diwakili Bagian Perekonomian, Dinas Sosial, maupun dari Subdivre Bulog Pati.
Setelah data yang dimaksudkan telah diterima maka proses penyaluran rastra itu akan dilakukan pada Jumat (21/4). Penyaluran itu akan dilakukan secara serentak dan ditarget rampung terdistribusi kepada 21 kecamatan paling lambat Minggu (30/4) mendatang.
Tidak tanggung-tanggung, setiap KPM akan mendapatkan jatah alokasi dua bulan sekaligus, yakni Januari dan Februari. ‘’Kemarin, untuk penyaluran rastra memang sempat ada keterlambatan untuk Januari hingga Maret.
Maka dari itu, setelah mendapat surat Gubernur dan Bupati, kami segera lakukan percepatan penyaluran. Untuk setiap bulannya kami salurkan alokasi untuk dua bulan,’’ ujar wakil kepala Subdivre Pati, Fauzan Dipo.
Menurun
Sementara, untuk Maret dan April, Kasubbag Sarana Perekonomian dan Investasi Setda Pati Suharto menjelaskan, bahwa beras itu akan disalurkan pada Mei mendatang. Alokasi pada Mei dan Juni, rencananya akan disalurkan pada Juni.
Dikatakannya, penerima rastra tahun 2017 di Kabupaten Pati menurun menjadi 1.448.775 kilogram per bulan, dengan penerima rastra hanya 96.585 keluarga. Jumlah itu dikatakannya mengalami penurunan sekitar 10 persen bila dibandingkan dengan tahun lalu.
‘’Kalau dirata-rata, penurunannya sekitar 10 persen. Walaupun jika dilihat tiap daerah berbeda, ada kecamatan yang naik tapi ada yang turun cukup signifikan.
Seperti Kecamatan Winong turun 27 persen dan Jakenan turun lebih dari 22 persen,’’imbuhnya. Bahkan, dalam rakor Selasa (18/4), penurunan KPM yang tidak merata itu diprotes. Namun, lantaran itu sudah menjadi ketentuan pusat, pihaknya hanya bisa mengimbau untuk disikapi dengan musyawarah desa.

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/beras-sejahtera-disalurkan-jumat/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar