Kamis, 13 April 2017

Hujan Hambat Pengerjaan Proyek TPA Sampah Sanitary Lanfill di Pati

PATI - Hujan yang masih sering mengguyur wilayah Kabupaten Pati, menghambat pelaksanaan pembangunan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah model sanitary landfill di Desa Sukoharjo, Kecamatan Margorejo.
Jalan di areal proyek berlumpur dan menyulitkan mobilitas peralatan berat. Padahal rekanan sudah bekerja sejak akhir Maret lalu. Terkait kondisi jalan itu, dari empat ekskavator yang rencananya digunakan, baru tersedia dua unit. Alat berat itu dipakai untuk menggali lubang pembuangan sampah.
Sukiman, penanggung jawab TPA dari Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Pati mengatatakan, pekerjaan penggalian lubang belum maksimal karena terkendala cuaca. Ia setiap saat mengecek ke lokasi berkait dengan penempatan tanah uruk hasil penggalian di lokasi proyek yang harus dibawa keluar. Hal itu membutuhkan koordinasi dengan rekanan.
Menurut dia, bila tidak terkendala hujan, seharusnya ada 8 dump truck pengangkut tanah galian yang disiapkan, namun sementara ini baru ada tiga unit. Adapun buldoser sudah dimanfaatkan untuk meratakan permukaan tanah. Diakuinya, karena cuaca, pengangkutan tanah galian dengan dump truck tidak maksimal.
Pasalnya, setelah membawa muatan, ban truk kadang terperosok di jalanan becek dan berlumpur. Karena itu, bila cuaca sudah benar-benar membaik, lima unit dump truck akan segera didatangkan. Hal itu untuk mempercepat pembuangan tanah galian. Saat ini, penggalian dilakukan mulai dari sisi utara yang berdekatan dengan jalan, menggunakan dua ekskavator.
Jika cuaca sudah membaik, jumlah ekskavator akan ditambah dua unit lagi, sehingga pelaksanaan pekerjaan bisa berlangsung di sisi tengah dan selatan yang masing-masing dilayani dua dump truck. Menjawab pertanyaan, Sukiman menambahkan, saat ini pihaknya memaksimalkan lubang galian TPAlama yang masih aktif.
Hal tersebut untuk mengantisipasi pembuangan sampah dari kota pada saat Lebaran nanti yang biasanya sampai dua kali lipat. Upaya memaksimalkan kemampuan lubang tempat penimbunan lama juga sekaligus menunggu TPAdengan fasilitas sanitary landfill itu selesai dikerjakan. ”Sesuai jadwal hari kalender kerja dalam kontrak, pembuatan TPA modern itu harus selesai pada pekan ketiga Oktober mendatang.”

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/hujan-hambat-pengerjaan-proyek/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar