Jumat, 28 April 2017

Kemajuan Gerakan 1000 Startup Digital Dalam Demo Day 26 April 2017

SIARAN PERS KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
NO. 50/HM/KOMINFO/04/2017
Tentang
Kemajuan Gerakan 1000 Startup Digital dalam Demo Day 26 April 2017 
Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital telah menyelesaikan tahapan inkubasi pada Batch Pertama 3 (tiga) kota Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta. Gerakan Penciptaan 1000 Startup Digital untuk 3 Kota tersebut di mulai pada bulan Agustus 2016 dengan tahapan kegiatan mulai dari kegiatan Pre-Ignition yaitu perkenalan awal Gerakan 1000 Startup Digital dan mengajak untuk menjadi bagian dari Gerakan, kemudian dilanjutkan tahapan berupa kegiatan serial bagi siapa saja yang bergabung kedalam Gerakan 1000 Startup Digital ini. Tahapan berupa kegiatan serial tersebut meliputi fase ignition, networking, workshop, hackathon, bootcamp, kemudian berakhir pada tahapan Inkubasi. Fase Inkubasi sendiri berlangsung selama 3 (tiga) bulan.
Pertengahan April 2017, fase Inkubasi dari 3 Kota di atas telah selesai dan menghasilkan beberapa startup digital yang akan terus di dorong menuju area operasional dan komersialisasi.  Di Jakarta tercatat ada tujuh startup yang fokus pada bidang pendidikan, jasa, olahraga dan budaya. Di Surabaya juga muncul startup di bidang event, peternakan, jasa dan situs perjodohan. Dan di Yogyakarta, anak mudanya tergerak untuk membuat startup tentang kesehatan, pendidikan, sosial, advertising dan karier.
Untuk memperkenalkan kepada publik, maka Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama para Pemangku Kepentingan terkait Gerakan Nasional 1000 Startup Digital memfasilitasi para startup dari 3 Kota tersebut pada sebuah acara bertajuk “Demo Day” yang diselenggarakan pada hari Rabu, 26 April 2017 bertempat di Auditorium Anantakupa, Gedung Belakang Lantai 8, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jalan Medan Merdeka Barat No. 9 Jakarta Pusat mulai Pukul 12.00 WIB s.d. 17.00 WIB.
Demo Day bertujuan untuk memberikan wahana untuk mempresentasikan dan menampilkan produk startup kepada berbagai kalangan dari Pemerintah, Media dan Permangku Kepentingan serta Masyarakat. Para Startup dipersilakan untuk unjuk gigi kepada khalayak atas hasil kreasi dan pengembangannya yang dilakukan selama kurun waktu 6 (enam) bulan.
Kegiatan Demo Day juga bermanfaat untuk berperan sebagai role model kedepannya bagi kota-kota lainnya yang belum masuk tahap Inkubasi.
Berikut profil startup digital hasil dari tahapan Inkubasi Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di Jakarta, Surabaya dan Yogyakarta, yaitu :
Jakarta
1. Ajarin
Ajarin adalah sebuah layanan aplikasi mobile untuk membantu orang tua dalam menemukan, mengembangkan, dan menyalurkan bakat anak umur 4 - 15 tahun.
2. Panggilin
Panggilin adalah marketplace jasa on demand (C2C) yang mempertemukan antara pengguna dan penyedia jasa di sekitar (location based).
3. Goodjob
Sebuah platform yang membantu corporate untuk melakukan maintenance dan perbaikan barang rusak dengan kepastian harga dan kualitas ahli perbaikan yang terjamin.
4. Roo
Aplikasi monitoring kesehatan untuk anak di bawah usia enam tahun yang diciptakan untuk orang tua agar dapat terus memantau tumbuh kembang anak.
5. Xparing
Platform yang dapat mencari lawan tanding untuk berolahraga khususnya bulu tangkis. Xparring berharap mampu mencetak weekend warrior atau orang-orang yang berolahraga di akhir pekan.
6. Kalcha
Platform untuk pertunjukan seni-budaya yang menghubungkan pelaku pertunjukkan seni-budaya dengan traveler global yang dating ke Indonesia, khususnya Jakarta dan Bali.
7. Acuse
Platform yang mendukung untuk setiap perusahaan dalam meningkatkan pelayanan ke customer, dan membatu customer untuk mendapatkan informasi yang lebih transparan tentang pelayanan yang sedang diproses.
Surabaya
1. Agenda kota
Agenda Kota adalah platform event yang mempertemukan penyelenggara event dengan peminat event dalam satu wadah yang dapat memudahkan mereka dalam     berbagi informasi seputar event. 
2. Karapan
Karapan merupakan online community dan partnership platform yang membantu peternak sapi rakyat dalam pengelolaan manajemen peternakan, manajemen pemasaran sapi dan daging serta permodalan peternakan.     
3. Jahitin
Jahitin adalah sebuah platform jahit khusus kebaya, dress, dan batik dengan transaksi yang lebih mudah dan efisien.
4. Qtaaruf
Qtaaruf merupakan sebuah platform yang membantu para muslimin dan muslimah Indonesia menemukan belahan jiwanya melalui proses taaruf sesuai dengan ajaran agama islam.      
Jogjakarta
1. Sweep
Sweep adalah aplikasi last-minute-deals untuk promo instan yang menghubungkan F&B Business dengan calon pelanggan secara seketika.            
2. Kooliah     
Kooliah adalah aplikasi yang memungkinkan calon mahasiswa belajar mata kuliah sesuai jurusan secara online dan bimbingan mendapat beasiswa.       
3. Adsiconic
Adsiconic merupakah sebuah platform interaktif dalam periklanan kendaraan dalam memanfaatkan teknologi QR Code dan tracking untuk mendapatkan kampanye iklan yang lebih efektif.
4. FatAway
FatAway adalah aplikasi yang membantu mengatasi permasalahan kelebihan berat badan dengan menghitung kalori makanan dan mencatat perkembangan diet yang dilakukan.
5. TurDesa   
Turdesa adalah platform yang mempermudah orang-orang melakukan booking perjalanan dan aktifitas di desa wisata.
6. BisaKerja
Bisakerja adalah platform bursa kerja online dengan spesialisasi pekerjaan bagi orang-orang tidak berpendidikan tinggi.
Sebagai Informasi, Gerakan 1000 Startup Digital merupakan Sebuah gerakan untuk mewujudkan potensi Indonesia menjadi The Digital Energy of Asia di tahun 2020 dengan mendirikan 1000 startup digital untuk menjadi bagian solusi atas berbagai masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. Gerakan Nasional 1000 Startup Digital hadir di 10 kota Indonesia yaitu Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Bandung, Semarang, Malang, Medan, Makassar, Denpasar, Pontianak.
Gerakan 1000 Startup Digital terus bergulir di 10 Kota tersebut. Kota Jakarta, Surabaya dan Yogyakarta akan segera memasuki gelombang kedua dalam penciptaan 1000 startup digital, sehingga akan digalakkan perekrutan baru generasi muda untuk bergabung dalam menciptakan startup digital ini. Juga Kota-kota lain dari 10 Kota tersebut terus bergulir.
Bagi mereka para generasi muda dapat memperoleh informasi dan bergabung melalui portal www.1000startupdigital.id.
Jakarta, 26 April 2017
BIRO HUMAS
KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA


Sumber Berita : https://www.kominfo.go.id/content/detail/9582/siaran-pers-no-50hmkominfo042017-tentang-kemajuan-gerakan-1000-startup-digital-dalam-demo-day-26-april-2017/0/siaran_pers

Tidak ada komentar:

Posting Komentar