Rabu, 05 April 2017

Kutoharjo Pati jadi Desa Terbersih di Jawa Tengah

PATI-Desa Kutoharjo, Kecamatan Pati menjadi satu-satunya desa yang mewakili Jawa Tengah dalam lomba Lingkungan Bersih Sehat (LBS) di tingkat nasional. Hal itu dikatakan tim penilai lomba LBS nasional saat melakukan penilaian di Desa Kutoharjo, Selasa (4/4/2017).
“Kutoharjo berhasil menjadi desa terbersih dan tersehat di Jawa Tengah. Karena itu, Kutoharjo menjadi satu-satunya desa yang mewakili Jawa Tengah dalam penilaian di tingkat nasional,” ujar Ninik Mujihartini, Ketua Tim Penilai Lomba LBS Nasional.
Penilaian yang dilakukan merupakan tahap verifikasi kegiatan bersih lingkungan yang dilakukan warga Kutoharjo. Bila dalam tahap tersebut dinilai bagus, Kutoharjo berpeluang menjadi desa terbersih dan tersehat di Indonesia.
“Salah satu parameter penilaiannya adalah banyak tidaknya kegiatan LBS di Kutoharjo, sebagaimana yang dilaporkan dalam data. Karenanya, tahap klarifikasi ini dilakukan untuk mengetahui fakta lapangan yang sebenarnya,” tuturnya.
Tak hanya soal bukti fisik di lapangan, sumber daya masyarakat (SDM) di Desa Kutoharjo juga menjadi objek penilaian. Mereka dinilai dari aspek kesadaran masyarakat tentang lingkungan bersih dan sehat.
“Warganya, kegiatannya dan lingkungannya menjadi sasaran penilaian dalam tahap klarifikasi. Apa benar perilaku lingkungan bersih sehat itu sudah dilakukan masyarakat Desa Kutoharjo,” tandas Ninik. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar