Jumat, 21 April 2017

Pengeboran Awal di Nglobo 27 April 66 Hari Cari Migas

BLORA – Mobilisasi peralatan dan personel pengeboran eksplorasi sumur NGU-1X di Desa Nglobo, Kecamatan Jiken, Blora, segera selesai. Pasalnya Pertamina Eksplorasi dan Produksi Cepu Alas Dara Kemuning (PEPC ADK) akan segera memulai mengebor eksplorasi sumur itu hingga sedalam 2.000 meter.
ëíKami merencanakan tajak (pengeboran-Red) pertama sumur NGU-1X pekan depan, Kamis 27 April,íí kata Humas PEPC ADK, Gayatri Handari Kusumawardhani, kemarin. Dia mengungkapkan, mobilisasi peralatan berat yang dimulai sejak awal April lalu, kini telah hampir selesai atau sudah sekitar 90 persen.
Peralatan yang akan digunakan antara lain rig yang pernah dipakai di wilayah Kecamatan Kenduruan, Kabupaten Tuban, Jatim. Rig tersebut milik Pertamina Drilling Services Indonesia (PT PDSI) yang juga anak perusahaan Pertamina. Dari wilayah Tuban, rig tersebut diangkut kendaraan berat melewati jalan Jatirogo- Bojonegoro-Cepu hingga Jiken.
Bisa Lancar
PEPC ADK sebelumnya telah memperbaiki kerusakan ruas jalan Cabak-Nglobo. Selain memenuhi tuntutan warga, perbaikan itu dilakukan agar truk pengangkut peralatan pengeboran bisa lancar melewati ruas jalan yang di antaranya membelah kawasan hutan jati.
Tajak pertama sumur NGU-1X pada pekan keempat April itu sesuai dengan rencana yang disampaikan dalam dua kali sosialisasi di balai Desa Nglobo dan di aula kantor Pemkab Blora. Direktur (General Manager) PEPC ADK Jhon H Simamora dalam sosialisasi di hadapan bupati dan sejumlah pejabat menuturkan, eksplorasi sumur itu dalam rangka mendukung program pemerintah untuk peningkatan cadangan migas.
Pengeboran berlangsung 66 hari. Bupati Djoko Nugroho mengharapkan peneboran kali ini membuahkan hasil. Sebab, menurut Bupati, beberapa kali pengeboran di Blora beberapa tahun lalu oleh perusahaan lain tidak mendapatkan hasil.
Bupati pun meminta tidak hanya terkait hal-hal teknis yang perlu disiapkan dengan matang, namun juga nonteknis. Adat-istiadat dan kepercayaan masyarakat setempat harus dihormati. ”Insya Allah pengeboran kali ini bisa mendapatkan sumber minyak dalam volume besar.”


Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/pengeboran-awal-di-nglobo-27-april/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar