Cari Blog Ini

Jumat, 28 April 2017

Pengeboran Migas di Blora Dimulai Warga Nglobo Selamatan

BLORA – Pertamina Eksplorasi dan Produksi Cepu Alas Dara Kemuning (PEPC ADK) mulai mengebor sumur NGU-1X di Desa Nglobo, Kecamatan Jiken, Blora, Kamis (27/4).
Tajak pertama eksplorasi itu ditandai dengan menekan tombol sirine oleh Bupati Djoko Nugroho bersama Direktur (General Manager) PEPC ADK, Jhon H Simamora, di atas peralatan pengeboran (rig) di lokasi sumur yang berada di kawasan hutan jati.
”Pengeboran eksplorasi ini untuk membuktikan kekayaan yang terkandung di dalam bumi Blora,” kata Jhon H Simamora.
Belum bisa diketahui apakah di titik pengeboran itu nantinya akan diketemukan minyak atau gas. Namun baik dia maupun Bupati berharap pengeboran itu bakal mendapatkan cadangan minyak dengan jumlah besar.
”Kegagalan pengeboran yang pernah terjadi di sejumlah lokasi di Blora hendaknya jadi pengalaman berharga. Semoga pengeboran kali ini mendapatkan cadangan minyak melimpah,” kata Bupati Djoko Nugroho.
Simamora menyebutkan, pengeboran eksplorasi dilakukan dalam waktu 66 hari terdiri atas 28 hari pengeboran dan 38 hari completing dan testing. Kedalaman pengeboran 2.000 meter hingga 2.200 meter.
ëíJika diketemukan minyak atau gas, itu akan bisa menambah cadangan migas untuk memenuhi kebutuhan energi nasional.” Kegiatan pengeboran melibatkan beberapa kontraktor yang juga mempekerjakan tenaga kerja lokal dari Desa Nglobo dan Desa Cabak.
Perekrutan tenaga kerja lokal dikoordinasi bersama Forkopimcam Kecamatan Jiken serta melibatkan Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja.
Beberapa hari sebelum melakukan pengeboran, PEPC ADK terlebih dulu memperbaiki kerusakan jalan dari wilayah Cabak hingga Nglobo. Perbaikan jalan akses menuju lokasi sumur itu merupakan salah satu tuntutan warga.
Pasalnya, jalan tersebut juga dilalui kendaraan berat pengangkut peralatan pengeboran. Bersama warga Desa Cabak dan Nglobo, PEPC ADK juga menggelar doa dan selamatan sebelum dimulainya pengeboran.
Kegiatan itu untuk menghormati adat-istiadat yang selama ini dipraktikan masyarakat setempat. ”Jumat besok (hari ini-Red) masyarakat Desa Nglobo akan menggelar sedekah desa.
Tolong masyarakat ikut mendoakan agar pengeboran kali ini berjalan lancar dan mendapat hasil cadangan minyak yang besar,íí kata Bupati di hadapan perangkat desa dan masyarakat Nglobo yang hadir dalam peresmian tajak pertama pengeboran eksplorasi sumur NGU-1X.


Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/pengeboran-migas-di-blora-dimulai/