Kamis, 06 April 2017

Puluhan Relawan Ikuti Pelatihan Pemberian Bantuan

PATI – Untuk kali ke sekian pihak Manajemen Rumah Sakit (RS) Mitra Bangsa Pati, kembali memberikan pelatihan kepada para relawan.
Tujuannya agar setelah selesai mengikuti pelatihan, mereka bisa lebih meningkatkan kemampuannya dalam memberikan pertolongan maupun bantuan kepada siapa saja yang membutuhkan, terutama kepada para kaum duafa.
Sedangkan pelatihan yang berlangsung selama satu hari di aula lantai 3 RS tersebut, kata ketua panitia penyelenggara dari Bagian Humas RS yang bersangkutan, Nera, sedikitnya diikuti 50 relawan.
Sepuluh di antaranya adalah perempuan yang masing-masing berasal dari komunitas Sedekah Rombongan dan Ayo Berbagipati.
Komunitas tersebut berdomisili di wilayah pantura timur yang sudah menjalin kerja sama dengan pihaknya, dan menyebut diri mereka sebagai kurir. Hal tersebut sesuai dengan tugasnya sebagai relawan yang memberi bantuan kepada kaum duafa yang sedang menderita sakit.
Akan tetapi, mereka belum mempunyai pengalaman dalam menangani penderita seperti, bagaimana cara memberikan pertolongan pertama agar maksud tujuan delam memberikan pertolongan itu sesuai standar yang dibutuhkan. ‘’Karena itu, kami bersama komunitas tersebut akan terus berupaya, agar minimal dalam satu desa mempunyai satu kurir,’’ ujarnya.
Bersertifikat
Dengan demikian, masih kata dia, bila sewaktu-waktu mendapati ada kaum duafa yang sakit mudah diketahui, sehingga bisa lebih cepat upaya penanganannya. Apalagi, untuk memberikan layanan bantuan lpminitas yang bersangkutan juga mempunyai fasilitas ambulans yang sewaktu- waktu dibutuhkan langsung menuju ke lokasi.
Tersedianya kelengkapan untuk menunjang mobolitas tersebut, maka harapan pasien yang harus dilarikan ke rumah sakit tidak harus berlama-lama menunggu.
Sehingga harapan untuk bisa mendapatkan pertolongan secepatnya bisa lebih maksimal, maka sebagai relawan yang harus memberikan pertolongan dan bantuan harus benar-benar mempunyai kemampuan standar.
Untuk memberikan pelatihan dalam memberi bantuan hidup dasar kepada mereka, bertindak sebagai mentor adalah dr Denny Subrata dari RS Mitra Bangsa.
Materi pelatihan meliputi P3K, baik teori maupun praktik, dan juga pendampingan psikologi bagi penderita gangguan jiwa dan ODHAileh psikolog Hanna Fatmasari juga dari RS Mitra Bangsa.
Selebihnya dibantu beberapa perawat yang bersertifikat dalam memberikan Bantuan Hidup Dasar (BHD). ‘’Dengan pemberian bekal pelatihan tersebut, maka para relawan dalam memberikan bantuan kepada pasien dari kalangan kaum duafa.’’
Bagi Koordinator Komunitas Sedekah Rombongan dari wilayah pantura timur, Teguh mengungkapkan, kegiatan itu sangat bermanfaat untuk para relawan. ‘’Karena selama ini menangani pasien kaum duafa, kami tidak mempunyai ketrampilan khusus.’’

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/puluhan-relawan-ikuti-pelatihan-pemberian-bantuan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar