Jumat, 28 April 2017

Revitalisasi TPI Unit I Bajomulyo Telan Rp 7,5 Miliar

PATI-JUWANA – Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Unit I Bajomulyo, Juwana akan segera berganti wajah baru. Tahun ini rencananya akan dilakukan revitalisasi untuk membuat TPI I Juwana lebih nyaman. Hingga kemarin proyek revitalisasi sudah memasuki proses pembongkaran.
Kepala TPI Unit I Juwana Tri Widodo menjelaskan, hingga sekarang proyek berkutat pada aktivitas pembongkaran. Dijelaskan, hingga kemarin proses pembongkaran sudah mencapai 70 persen. ”Nantinya setelah ada pembongkaran akan dilanjutkan dengan proses pelelangan,” papar kemarin.
Ia menyatakan, jika kemungkinan proses pelelangan pembangunan TPI Unit I ini akan dilaksanakan satu hingga dua minggu mendatang. Namun hal itu menjadi kewenangan Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislautkan) Kabupaten Pati.“Selanjutnya akan dilakukan proses pelelangan. Kalau tentang itu saya kurang tahu detailnya,” ucapnya.
Karena proses pembongkaran ini, kantor TPI I terpaksa dipindah. Pihaknya terpaksa pindah kantor sementara di belakang kantor Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Bajomulyo. ”Untuk sementara kita ngantornya dibelakang kantor PPP Bajomulyo. Namun hal itu tidak mengurangi pelayanan dan aktivitas kantor,” terangnya.
Meski begitu ia juga mengakui, proses lelang terkendala proyek pembongkaran tersebut. Namun, beberapa pedagang mensiasati dengan penggunaan terpal sebagai tenda. ”Karena atapnya dibongkar, sementara beberapa pedagang terpaksa pakai terpal,” paparnya.
Untuk proyek revitalisasi TPI Unit I Bajomulyo akan dilakukan dua tahap. Tahap pertama akan dilaksanakan pada tahun ini. Sedangkan tahap dua akan dilaksanakan tahun depan. ”Nanti akan menjadi dua tahap. Sesuai yang dianggarkan dari Dislautkan,” ujarnya.
Dislautkan setidaknya menyiapkan anggaran sebesar Rp 7,5 milyar untuk pelaksanakan revitalisasi. Tahap pertama akan disediakan anggaran sebesar Rp 2,5 milyar. ”Sedangkan tahap kedua akan dianggarkan sebesar Rp 5 milyar,” pungkasnya.


Sumber Berita : https://www.patikab.go.id/v2/id/2017/04/27/revitalisasi-tpi-unit-i-bajomulyo-telan-rp-75-mili/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar