Jumat, 28 April 2017

Ribuan Siswa Pamerkan Kreasi Batik Lasem

REMBANG – Ribuan siswa MA Lasem dan beberapa SD di Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang, Rabu (26/4) menggelar karnaval dengan memamerkan berbagai kreasi hasil pendidikan di luar kelas.
Sebagian besar kreasi tersebut adalah rancangan busana batik Lasem yang menjadi ikon kota Rembang.
Ribuan siswa menyusuri jalan sepanjang lima kilometer memamerkan hasil kreasi, berupa peragaan busana batik Lasem, kreasi siswa, berbahan limbah, serta beberapa teatrikal kebudayaan lokal setempat.
Penampilan siswa mendapat apreasiasi dari ribuan masyarakat yang hadir di sepanjang rute karnaval.
Panitia Pelaksana Ahmad Rozi mengatakan, acara ini digelar dalam rangka peringatan Hari Kartini dan juga pelepasan siswa kelas XII. Acara sengaja didesain dengan menonjolkan berbagai kreasi siswa dengan tema budaya lokal. ”Ini adalah kirab budaya dalam rangka pelepasan siswa kelas XII.
Kami ingin memberikan kesempatan kepada seluruh siswa untuk berkreasi dengan tema menjunjung potensi dan budaya lokal. Kami pamerkan karya mereka ke masyarakat dalam bentuk kirab budaya,” terang Rozi.
Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto mengapresiasi langkah sekolah dalam merangsang siswanya untuk berkreasi dengan tema budaya dan potensi lokal. Ia mendukung adanya kebijakan sekolah dalam mengembangkan kreativitas siswa berbasis kebudayaan lokal.
Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Rembang, Athoíillah Muslim menyatakan, program pengembangan kereasi budaya bagi siswa di madradsah perlu mendapat dukungan dari pemerintah daerah.
Selama ini Pemkab Rembang sudah cukup baik dalam memberikan dukungan terhadap pengembangan kreativitas siswa madrasah, terutama menyangkut tema kebudayaan lokal. ”Kami berterima kasih karena selama ini Pemkab Rembang sudah memberikan dukungan terhadap pengembangan kreativitas siswa,” papar dia.

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/ribuan-siswa-pamerkan-kreasi-batik-lasem/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar