Rabu, 19 April 2017

Titik Longsor di Rahtawu Dibenahi

KUDUS - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kudus selama dua bulan terakhir ini memperbaiki enam titik longsor di lereng Pegunungan Rahtawu, Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog.
Anggaran Rp 1,3 miliar dikucurkan melalui mekanisme dana pemeliharaan rutin. Perbaikan tiga titik kerusakan pada akses penghubung lainnya di kawasan itu diharapkan dapat cair melalui mekanisme dana proyek publik.
Kadinas PUPR Sam’ani Intakoris yang ditemui saat memantau perbaikan kemarin menyebutkan bila harus menggunakan mekanisme proyek, butuh waktu lama.
Padahal hanya ada satu akses penghubung di kawasan tersebut. ”Perbaikan harus dilakukan secepatnya dengan mempertimbangkan penggunaannya,” katanya, kemarin.
Diakuinya, tidak kerusakan jalan dapat diselesaikan dengan cara seperti itu. Bila kerusakan jalan dianggap terlalu berat, tetap harus menggunakan mekanisme dana proyek publik.
”Meskipun begitu, kualitas proyek pemeliharaan rutin tidak boleh asal-asalan.” Dikatakan, satu-satunya akses menuju Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog di lereng Pegunungan Rahtawu sepanjang 6,5 kilometer itu rawan longsor, terutama saat musim hujan.
Terlebih bagian yang rawan lonsor itu berupa tebing dengan kemiringan curam. Kabid Bina Marga, Jaswanto, menambahkan, dengan kondisi seperti itu risiko longsor cukup besar.
Disebutkan, di beberapa titik kemiringan mencapai 45 derajat lebih. Salah satu upaya yang dilakukan yakni memperbaiki talut yang longsor.

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/titik-longsor-di-rahtawu-dibenahi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar