Senin, 17 April 2017

TMMD, Berikan Penyuluhan Kependudukan

KUSUS -DAWE – Program yang dijalankan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) Reguler ke-98 tidak hanya kegiatan fisik. Tetapi ada nonfisik, seperti penyuluhan. Salah satunya penyuluhan tentang kependudukan.
Kegiatan itu dilakukan Kamis (13/4) lalu di Balai Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe. Sekdin Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdiukcapil) Kudus Puthut Winarno yang memberikan sosialisasi.
Puthut menerangkan, kegunaan dan pentingnya e-KTP, akta kelahiran, akta kematian dan surat keterangan (suket). Semuanya dokumen kependudukan. “Tujuan utama untuk dilaksanakan sosialisasi tentang dokumen kependudukan agar semua masyarakat tahu sejauh mana cara mendapatkannya,” ujarnya.
Penyuluhan tersebut dihadiri sekitar 70 orang. “Mereka harus tahu dokumen kependudukan itu sangat penting sekali. Setidaknya sebagai salah satu syarat utama yang dimasukkan, yakni e-KTP,” imbuhnya.
Sementara itu, Danramil 07/Dawe Kapten Inf Subekhi saat membuka kegiatan itu mengatakan, sosialisasi ini untuk meningkatkan potensi dan kemampuan masyarakat dalam administrasi kependudukan. ”Kami lakukan sosialisasi ini bekerja sama langsung antara Satgas TMMD Kodim 0722/Kudus dengan Disdukcapil. Agar semua masyarakat yang belum memiliki dokumen kependudukan segera mengurus. Asalkan syarat administrasinya sudah terpenuhi semua,” imbuhnya.
Kepala Desa Kandangmas Sofwan menjelaskan, penyuluhan tentang dokumen kependudukan merupakan program yang diagendakan masuk dalam TMMD sebagai sasaran nonfisik. ”Harapan kami seluruh warga Kandangmas yang belum memiliki dokumen kependudukan bisa segera memilikinya melalui kegiatan ini,” tegasnya.

Sumber Berita : http://radarkudus.jawapos.com/read/2017/04/15/3599/tmmd-berikan-penyuluhan-kependudukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar