Jumat, 28 April 2017

Wartawan Profesional Wajib Memegang Etika

BLORA – Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jawa Tengah Amir Machmud mengatakan, saat ini wartawan dituntut profesional. Bukan hanya secara teknis pandai dalam membuat berita dan wawancara.
Tetapi juga memegang teguh etika yang ada. Hal itu diungkapkan oleh Amir Machmud saat konsolidasi dengan anggota PWI Blora di ruang pertemuan Kantor Korpri Blora.
Selain anggota PWI, juga hadir Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sugiyono, Bagian Humas Setda Blora, Kasubag Humas Polres Blora AKP Sularno, Danramil Blora Kota Kapten Inf M Rifai, serta anggota DPRD Blora Siswanto.
Dituntut Proposional
Menurut Amir, wartawan yang tergabung dalam PWI dituntut untuk selalu bekerja secara profesional. Karena itu, sebagai wadah para wartawan maka kompetensi harus selalu ditingkatkan dan PWI memiliki standarisasi akan hal itu.
Untuk itu, bagi yang belum menjadi anggota PWI diminta untuk segera mendaftar diri dengan mematuhi regulasi yang ada.
”PWI harus bisa merangkul dan bisa menjadi rumah bagi wartawan khususnya di Blora,” ujar Amir Machmud, Rabu (26/4). Amir juga meminta agar wartawan jangan dipersulit untuk menjadi anggota.
‘’Salah satu syaratnya adalah media tersebut harus berbadan hukum. Jika masih ada yang belum berbadan hukum diharapkan segera mengurusnya, karena UU Pers mensyaratkan hal itu. Termasuk media juga harus terverifikasi.’’
Hal itu juga sejalan dengan kondisi saat ini, dimana kompetensi dilakukan melalui sertifikasi wartawan. ‘’Nantinya setiap wartawan yang bertugas harus sudah memiliki sertifikasi.
’’Di Internal PWI sendiri sudah sangat jelas mekanismenya, sebelum menjadi anggota harus melalui serangkaian orientasi. ”Wartawan juga harus terus meningkatkan kompetensinya,” pesannya.
Sementara itu, Ketua PWI Blora Wahono mengatakan, konsolidasi dilakukan agar anggota dan calon anggota lebih memahami mekanisme yang ada di PWI. Termasuk cara menjadi anggota.
”Saat ini banyak wartawan baru, sehingga mereka perlu paham akan mekanisme menjadi anggota PWI sekaligus berbagi informasi tentang media bagi wartawan yang ada di Blora,” katanya.
Adapun Kepala Diskominfo Sugiyono memberikan apresiasi atas adanya konsolidasi PWI Blora. Sebab, PWI merupakan organisasi resmi yang diakui pemeritah selain IJTI dan AJI. 


Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/wartawan-profesional-wajib-memegang-etika/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar