Sabtu, 13 Mei 2017

Berada di Dataran Rendah, Guyangan Jadi Pelanggan Banjir

TRANGKIL - Desa Guyangan berada di dataran rendah serta memiliki sungai yang dangkal. Akibatnya setiap musim hujan, desa ini selalu banjir. Meski banjir akan surut dalam beberapa hari, namun warga resah karena daerahnya berlangganan banjir.
Asmui Abdul Latif, perangkat Desa Guyangan menuturkan, banjir yang terjadi di Desa Guyangan sudah berlangsung dari generasi ke generasi tanpa ada solusi permanen. Kondisi daerah yang berada di dataran rendah dengan pemukiman penduduk yang berdempetan, sehingga menyulitkan untuk dilakukan pelebaran maupun pengerukan drainase.
“Memang sejak zaman dahulu, Desa Guyangan ini kerap langganan banjir ketika musim penghujan. Tapi hal itu hanya berlangsung beberapa hari saja, kemudian airnya surut. Letak geografis Desa Guyangan yang berada di dataran rendah menjadi salah satu penyebab seringnya banjir,” ungkapnya.
Selain itu, ia membenarkan jika kondisi sungai-sungai di desa Guyangan relatif dangkal sehingga tidak mampu menampung debit-debit air ketika musim penghujan. Akibatnya, air dari sungai meluap dan mengakibatkan banjir.
Kendati rawan banjir, ia mengaku, upaya yang dilakukan pemerintah desa baru sebatas memperbaiki gorong-gorong dan membersihkan sungai. “Kita hanya bisa melakukan tindakan untuk mengurangi debit banjir, namun belum bisa mencegah banjir hingga saat ini,” tandasnya.

Sumber Berita : https://www.patikab.go.id/v2/id/2017/05/13/berada-di-dataran-rendah-guyangan-jadi-pelanggan-b/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar