Jumat, 12 Mei 2017

Bupati: Alhamdulillah Dapat WTP Lagi Blora Peringkat Dua

BLORA – Pemkab Blora secara tiga kali berturutturut meraih penilaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Penyerahan penghargaan kali ketiga itu dilakukan di Semarang, Rabu (10/5).
Penghargaan diterima Bupati Djoko Nugroho didampingi Ketua DPRD Bambang Susilo bersamaan dengan penyerahan laporan hasil pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2016 bagi kabupaten dan kota lainnya di Jateng.
‘’Alhamdulillah Blora dapat WTP lagi. Ini sudah tiga kali berturut-turut,’’ujar Bupati Djoko Nugroho, kemarin. Raihan opini WTP tidak lepas dari kerja keras yang dilakukan Pemkab.
Tiga tahun sebelumnya Blora selalu meraih opiniWajardengan Pengecualian (WDP). Salah satu titik lemah ketika itu adalah pada pengelolaan aset.
Berbagai Pembenahan
‘’Terima kasih kepada seluruh pegawai Pemkab Blora, para bendahara, dan pejabat organisasi perangkat daerah (OPD). Luar biasa lagi, selain WTP, tahun ini Blora peringkat kedua setelah Solo dalam laporan keuangan daerah,’’ tegas Djoko Nugroho.
Prestasi tersebut diraih setelah Pemkab Blora melakukan berbagai pembenahan dalam penyusunan laporan pengelolaan keuangan daerah. Di awal tahun anggaran 2016, para kepala OPD menandatangani pakta integritas.
Pakta integritas yang berisi 10 poin pernyataan itu diparaf saat penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) APBD 2016 di pendapa rumah dinas bupati.
Adapun penyataan dalam pakta integritas itu di antaranya, berperan secara proaktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan KKN serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela.
Selanjutnya, melaksanakan APBD dengan sebaik-baiknya sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan mewujudkan pencapaian PAD sesuai dengan target.
Adapun satu poin terakhir dalam pakta integritas adalah menyusun laporan keuangan berbasis akrual dan berupaya mempertahankan opini†wajar tanpa†pengecualian (WTP).


Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/bupati-alhamdulillah-dapat-wtp-lagi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar