Rabu, 10 Mei 2017

Dinas Penanaman Modal Dinilai Rawan Pungli

PATI – Dinas Penanaman modal dan Pelayanan Terpadu Satu Atap dinilai menjadi salah satu organisasi perangkat daerah (OPD) yang rawan terjadi pungutan liar (pungli).
Meski begitu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati telah mengambil sejumlah langkah agar kasus itu tidak terjadi.
Bupati Pati Haryanto seusai pengarahan dan penyematan Pin Saber Pungli di gedung Sekda Pati mengatakan sejumlah laporan yang masuk sebagian besar diketahui belum terbukti dan masih sebatas kecurigaan.
Sebagian lagi diakuinya merupakan retribusi yang dianggap adalah pungli. “Bahkan untuk yang berada di Dinas Perhubungan yang dinilai pungli juga sudah kami panggil dan meminta inspektorat untuk memanggilnya.
Namun hal itu juga tidak terbukti justru yang ada adalah adanya sejumlah oknum dari luar terutama yang menjadi biro jasa bukan pegawai dari Dishub,” ujar Haryanto, kemarin.
Dengan keberadaan tim saber pungli itu sendiri diharapkannya untuk seluruh OPD memang bisa bebas pungli dan tidak ada korupsi. Apalagi saat ini tim saber pungli telah dibentuk sejak Oktober 2016 lalu dan telah melakukan pengawasannya.
Kelompok Kerja
Sementara itu Kapolres Pati AKBP Maulana Hamdan melalui Kabagops Kompol Sundoyo menyebutkan dalam tim saber saat ini telah dibagi ke dalam empat kelompok kerja. Yakni pokja intelijen, pokja cegah, pokja tindak dan pokja yustisi.
“Dalam penanganan ada empat pokja tersebut. Sebelum penanganan kami kaji dulu ke tim yustisi apakah masuk ke ranah pidana atau masuk administrasi.
Kalau ranah pidana tentu akan kami lempar ke pidana tapi kalau administrasi kami laporkan ke pimpinannya untuk dilakukan penindakan,” terang Kompol Sundoyo kemarin.
Hingga saat ini sendiri diakuinya belum ada indikasi yang diketemukan benar terjadi. Pasalnya tim saber pungli memang telah mengedepankan pencegahan. Masing-masing OPD juga ditekankan agar jangan sampai terjadi pungli di institusinya.

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/dinas-penanaman-modal-dinilai-rawan-pungli/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar