Rabu, 24 Mei 2017

DPRD Soroti Proyek Besar

KUDUS – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kudus menyoroti masih banyaknya proyek bernilai besar yang belum dilelangkan oleh eksekutif.
Anggota DPRD Kudus, M Nur Khabsyin mengatakan, proses lelang proyek-proyek di Kabupaten Kudus seharusnya sudah rampung pada bulan kelima ini.
Wakil rakyat dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menambahkan, masih banyak proyek bernilai besar yang hingga kini belum masuk tahapan lelang. ìSelalu saja terulang tiap tahun, banyak proyek besar yang baru dilelang di pertengahan tahun,î katanya, Selasa (23/5).
Kondisi ini tentu akan berdampak pada hasil proyek yang dikerjakan. Pasalnya, pengerjaan proyek akan berlangsung hingga akhir tahun. ìJika itu terjadi, kualitas proyek akan terdampak karena sudah masuk musim hujan.”
Bernilai Kecil
Khabsyin mengatakan, saat ini OPD baru melaksanakan proyek-proyek yang nilainya kecil. Ia menambahkan, organisasi oerangkat daerah (OPD) yang lambat mengerjakan proyek-proyek perlu ditegur keras.
Terlebih DPRD sudah menuntaskan tugasnya untuk membahas anggaran tepat waktu. APBD 2017 misalnya, sudah disahkan DPRD pada November 2016.
Pengesahan anggaran yang sudah tepat waktu itu seharusnya diikuti oleh eksekutif dalam melaksanakan setiap kegiatan fisik.
Optimalkan Pengawasan Jika November anggaran sudah disahkan, lanjut Khabsyin, eksekutif seharusnya langsung melaksanakan persiapan lelang pada Desember. ìSemua proyek seharusnya sudah bisa dilelang pada Januari.
Harapan kami semua proyek fisik sudah dikerjakan pada awal tahun anggaran.” Secara terpisah, Ketua DPRD Kudus Masan sepakat jika semua kegiatan fisik harus sudah berjalan pada awal tahun anggaran.
Karena itu, pihaknya meminta semua komisi di DPRD Kudus untuk mengoptimalkan pengawasan kegiatan di masing-masing OPD. ìAlat kelengkapan dewan sudah terbentuk.
Jadi kami minta masing- masing komisi segera melakukan pengawasan kepada setiap OPD yang menjadi bidang tugasnya, agar pelaksanaan kegiatan bisa berjalan optimal sehingga hasilnya bisa segera dirasakan masyarakat.”


Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/dprd-soroti-proyek-besar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar