Selasa, 02 Mei 2017

Grup Kesenian Baru Wajib Lolos Verifikasi

PATI – Bidang Kebudayaan yang kembali jadi bidang kegiatan Dinas Pendidikan Kabupaten Pati, kini mengalami perombakan dalam menata banyak hal berkait dengan masalah kesenian.
Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Dinas Pendidikan Kabupaten Pati, Paryanto mengatakan, khusus rekomendasi untuk grup-grup kesenian baru tidak lagi diberikan secara asalasalan.
”Sebuah grup musik baru, harus memenuhi standard operational procedure (SOP) seni dan etik berkesenian,” kata dia, kemarin.
Pasalnya, lanjut dia, SOP merupakan standar pelayanan dalam pembuatan izin, kartu seniman, pengesahan organisasi kesenian, dan izin pementasan.
Kartu Identitas
Selebihnya, sebagai upaya penataan regulasi, baik mulai dari perizinan sampai pementasan yang layak disajikan kepada khalayak, khususnya di Kabupaten Pati.
Untuk proses pendirian grup kesenian baru, misalnya, kata dia, lebih dulu harus dilakukan verifikasi oleh tim. Adapun tim tersebut, selain beranggotakan unsur Dewan Kesenian Kabupaten Pati, juga dari Bidang (Kabid) Kebudayaan Dinas Pendidikan.
”Bila tidak lolos verifikasi, tentu tidak bisa diberikan rekomendasi kepada grup kesenian itu.” Pada tahap awal yang dilakukan pihaknya berkait dengan berdirinya grup kesenian baru, meliputi grup campursari, dangdut, organ plus, ketoprak, ludruk, dan barongan.
Selebihnya, diatur pula ketentuan pembuatan kartu identitas dalang, penabuh gamelan, dan penari tayub.
Akan tetapi, seniman/seniwati dari jenis kesenian tersebut, termasuk para penabuh gamelan tidak termasuk dalam kategori grup, sehingga tidak perlu melalui proses verifikasi. ”Dengan demikian, seniman/seniwati yang bersangkutan cukup punya kartu identitas.”
Mengingat hal tersebut, pihaknya belum perlu memberlakukan, misalnya, ada grup penabuh gamelan harus mendapat rekomendasi atau melalui proses verifikasi.
Sebab, personel penabuh gamelan untuk pementasan biasanya menjadi tanggung jawab grup kesenian, baik dalam pementasan ketoprak maupun ludruk. 


Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/grup-kesenian-baru-wajib-lolos-verifikasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar