Selasa, 02 Mei 2017

Hardiknas, Guru di Pati Diminta Ikuti Pesan Ki Hajar Dewantara

Pati – Tenaga pendidik atau guru di Pati diminta untuk mengikuti pesan Ki Hajar Dewantara dalam mendidik. Hal itu disampaikan Bupati Pati Haryanto, seusai mengikuti Apel Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Alun-alun Pati, Selasa (2/5/2017). Ketiga pesan itu adalah tut wuri handayani, ing madya mangun karsa, dan ing ngarsa sung tulada. Ketiga hal itu dinilai sangat relevan dengan kondisi pendidikan sekarang ini, sebuah filosofi progresif yang akan tetap relevan sampai nanti.
Tut wuri handayani berarti seorang guru bisa memberikan dorongan dan arahan dari belakang agar siswanya bisa maju dari berbagai aspek. Filosofi ini disebut mirip dengan penggembala, angon dari belakang.

Ing madya mangun karsa, guru mesti bisa di antara para murid, menciptakan ide dan prakarsa. Sementara ing ngarsa sung tulada, guru harus bisa memberikan contoh dan teladan yang baik kepada para murid.
“Ketiga pesan filosofis Ki Hajar Dewantara itu sangat progresif, tidak lekang oleh zaman dan relevan kapan pun. Guru di Pati harus mengikuti apa yang disampaikan Ki Hajar Dewantara supaya berhasil mencetak generasi bangsa yang hebat,” ucap Haryanto.
Di Pati, lanjut Haryanto, pendidikan sudah mulai menunjukkan kualitasnya. Hal itu ditunjukkan dengan berbagai prestasi yang diraih murid di bidang seni, sains dan olahraga. Tak hanya menjuarai tingkat nasional, tetapi juga dunia.
Karena itu, dia berharap agar semua pendidik di Pati memiliki spirit memajukan bangsa melalui pendidikan. Sebab, para murid yang kelak akan menjadi pemimpin bangsa.
Selain Haryanto, apel tersebut diikuti Kapolres Pati AKBP Maulana Hamdan, Dandim 0718/Pati Letkol Inf Andri Amijaya Kusuma, DPRD Pati, perwakilan kepala sekolah se-Kabupaten Pati, serta perwakilan guru SD, SMP dan SMA se-Kabupaten Pati.

Sumber Berita : http://www.murianews.com/2017/05/02/114270/hardiknas-guru-di-pati-diminta-ikuti-pesan-ki-hajar-dewantara.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar