Sabtu, 06 Mei 2017

Jateng Tambah 573 Kampung KB

JEPARA – Jika pada 2016 baru 35 kampung KB terbentuk, maka tahun 2017 akan bertambah 573.
‘’Telah dianggarkan Rp 8,5 miliar untuk pembentukan 573 kampung KB. Tiap kecamatan harus ada minimal satu.
Sekarang yang paling banyak Temanggung, karena tiap kecamatan sudah ada,’’ kata Kepala Kantor Perwakilan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jateng Wagino saat pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) di RW3 Desa/Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jumat (5/5) sore.
Wagino yang hadir bersama istri dan mengaku baru pertama menginjakkan kaki di Karimunjawa mengatakan, selama masa reformasi program KB tidak menjadi program unggulan pemerintah, sehingga pemerintah daerah pun kurang memberikan perhatian.
Sangat beda jauh perhatian terhadap KB jika dibandingkan pada zaman pemerintahan Presiden Soeharto.
Di Atas Prediksi
Melalui gerakan KB sejak 1970 hingga 2010, Indonesia berhasil mengerem pertambahan 100 juta penduduk, sedangkan era reformasi, sejak 2000 hingga 2010 pertumbuhan penduduk di atas prediksi. Sekarang ini tiap tahun penduduk Indonesia bertambah 4,5 juta.
Untuk Provinsi Jateng 95.000 hingga 100.000. Jateng termasuk tiga provinsi terbesar dan terpadat bersama Jatim dan Jabar. Kepadatan penduduk sudah mencapai 1.000/km2.
Sementara di Kalimantan Tengah pada kisaran 14/km2. ‘’Program KB dibangkitkan lagi pada pemerintahan Presiden Joko Widodo, di antaranya diawali dengan pencanangan kampung KB,’’ katanya.
Wagino mengatakan, bekerhasilan program KB tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah, melainkan harus didukung semua pihak. Peran penyuluh dan kader sangat penting. Juga kesadaran penduduk untuk meningkatkan kualitas dan taraf kehidupan.
Kepala Dinas Pemberdayan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Jepara, Bambang Haryono Wibowo mengatakan, program kampung KB di Karimunjawa sekarang ini dari 14 kecamatan sudah ada dua, lainnya di Desa Kedungcino, Kecamatan Jepara Kota pada 2016.
Camat Karimunjawa Budi Krisnanto berharap dengan adanya kampung KB akan menjadikan lebih baik. Kondisi kampung KB di atas rata-rata di desa. Dikatakan, penduduk Kecamatan Karimunjawa yang terdiri atas empat desa di lima pulau, mencapai 10.200 jiwa. 

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/jateng-tambah-573-kampung-kb/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar