Senin, 08 Mei 2017

Kemenag Jateng Siap Layani Jamaah Haji

SEMARANG – Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Jateng siap melayani jamaah haji tahun 2017. Berbagai persiapan telah dilakukan instansi itu untuk memberikan pelayanan yang prima bagi tamu Allah Swt tersebut.
Sementara itu, hingga minggu lalu jumlah calon jamaah haji Jateng yang sudah melunasi biaya perjalanan ibadah haji ada 28.526 orang (94,38 %) dari kuota sebanyak 30.225 orang. Jumlah kuota tersebut ditambah Tim Pamandu Haji Daerah (TPHD) 254 orang.
Kakanwil Kemenag Jateng Farhani menjelaskan, salah satu persiapan untuk pelaksanaan ibadah haji tersebut adalah seleksi petugas haji Jateng.
Seleksi dilakukan berjenjang mulai dari Kantor Kemenag Kabupaten/Kota hingga Kanwil Kemenag Jateng. Hasilnya, selanjutnya akan dikirim ke Kemenag RI di Jakarta.
‘’Dalam melakukan seleksi kami bersikap independen. Mereka yang terbaik adalah yang bakal lolos seleksi,’’ kata Farhani, kemarin. Dia menjelaskan, seleksi tahap pertama sudah berlangsung pada 28 April.
Seleksi tahap kedua pada 10 Mei 2017 di Islamic Center Manyaran Semarang. Peserta seleksi tahap kedua adalah mereka yang dinyatakan lolos pada seleksi tahap pertama.
86 Kloter
Kabid Haji Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jateng Sholihin menambahkan, petugas yang akan melayani jamaah haji terdiri atas Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) dan Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI).
Selain itu, juga Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi. Untuk TPHI yang akan mengikuti seleksi pada 10 Mei ada 170 orang. Dari jumlah itu, yang akan diambil 86 orang, kemudian yang mengikuti TPIHI ada 148 orang.
Dari jumlah itu, yang akan diambil 86 orang. Adapun PPIH Arab Saudi terdiri atas 22 orang sebagai pelayan umum, empat orang pembimbing ibadah, dan satu orang petugas Siskohat.
Sesuai dengan kuota, Jateng akan memberangkatkan 86 Kloter Haji. Kemudian DIY memberangkatkan sembilan Kloter Haji. Dengan demikian, jika digabungkan maka Jateng dan DIY akan memberangkatkan 95 Kloter Haji.

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/kemenag-jateng-siap-layani-jamaah-haji/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar