Senin, 15 Mei 2017

Lagi, Jalan Antarkecamatan Ambles Kualitas Perbaikan Buruk

REMBANG – Kualitas perbaikan infrastruktur jalan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTARU) Kabupaten Rembang terbukti buruk.
Salah satu indikasinya adalah hasil pemeliharaan jalan antarkecamatan di Ruas Tireman- Pamotan, di sejumlah titik perbaikan saat ini kembali amblas.
Kondisi tersebut menimbulkan pertanyaan sejumlah pihak lantaran amblasnya jalan hanya berjeda sekitar dua pekan setelah pemeliharaan dengan tambal-sulam dilakukan DPUTARU. Mencuat kabar kualitas batu yang digunakan untuk proyek tersebut kurang baik.
Anggota Komisi C DPRD Rembang M Imron mengatakan, saat proses pemeliharaan dilakukan pihaknya telah melakukan pengecekan. Hasilnya, terindikasi kuat aspal dan batu yang digunakan oleh DPUTARU berkualitas kurang baik.
Pihaknya menilai, standar kualitas yang diterapkan oleh DPUTARU terhadap pemeliharaan ruas Tireman- Pamotan adalah untuk jalan antardesa. Padahal, secara status ruas jalan tersebut adalah jalan antarkecamatan.
’’Kalau perencanaan kualitas jalan antardesa yang dipakai untuk pemeliharaan jalan antarkecamatan bahkan antarkabupaten, ya tidak akan mungkin bertahan lama. Jalan pasti akan berlubang lagi.
Kualitas pemeliharaan atas ruas Tireman- Pamotan hanya untuk kendaraan ringan,’’ kata politikus PKB tersebut.
Lebih Efektif
Menurut Imron, seharusnya ada identifikasi terhadap jalanjalan yang kerap berlubang. Pemkab semestinya bisa memprioritaskan pembetonan terhadap jalan-jalan yang masuk kualifikasi diatas jalan desa.
Meskipun akan menelan anggaran besar namun dari sisi pemanfaatan jauh lebih efektif. ’’Daripada selalu dianggarkan pemeliharaan tetapi tidak sampai bertahan setahun percuma saja. Malah menghabiskan anggaran tetapi ujungnya tidak berguna lama,’’ ujarnya.
Saat dikonfirmasi, Kasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan DPUTARU Kabupaten Rembang, Khoiril Anam mengaku sudah mengetahui adanya titik perbaikan jalan yang kembali amblas. Sejumlah titik amblas tersebut akan segera diperbaiki.
Namun dirinya enggan menjelaskan penyebab kembali amblasnya jalan meskipun baru saja diperbaiki. ’’Kami sudah tahu, dan akan segera diperbaiki kembali,’’ ujarnya singkat.


Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/lagi-jalan-antarkecamatan-ambles/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar