Senin, 22 Mei 2017

Operasi Pasar Diharapkan Tepat Sasaran

KUDUS – Kegiatan operasi pasar yang biasa dilakukan menjelang bulan Ramadan diharapkan bisa tepat sasaran.
Pasalnya hal itu dilakukan untuk menstabilkan harga barang kebutuhan pokok, dan masyarakat bisa membeli barang kebutuhan pokok tersebut dengan harga terjangkau.
“Masyarakat sebagai konsumen sudah seharusnya bisa mendapatkan haknya dengan membeli barang kebutuhan pokok dengan harga terjangkau, bukan malah menjadi beban dikarenakan harga membubung tinggi,” kata Ketua Lembaga Perlindungan Konsumen Muria Raya, Agus Budianto kemarin.
Ia menambahkan, upaya Pemkab Kudus melakukan operasi pasar agar harga barang kebutuhan bisa stabil merupakan salah satu bentuk upaya perlindungan konsumen dan hal tersebut harus dikedepankan.
“Jadi operasi pasar harus memiliki hasil yang positif, jangan hanya sekedar kegiatan formalitas atau rutinitas untuk menghabiskan anggaran.’’
Komplain
Pihaknya juga menuturkan, bahwa fenomena kenaikan harga ini sudah bisa dipastikan terjadi setiap menjelang bulan Ramadan sampai Lebaran, banyak pihak yang memanfaatkan momen ini untuk mencari keuntungan sebanyak – banyak melalui kegiatan perdagangan. “Namun terkadang harga yang diberikan tidak proporsional, dan hal tersebut perlu diluruskan.’’
Terkait apakah masyarakat bisa komplain ketika harga barang kebutuhan pokok membubung tinggi, Agus menjelaskan sebenarnya hal tersebut bisa dilakukan oleh masyarakat, hanya saja hal tersebut kadang tidak didengar oleh instansi terkait.
“Sehingga dengan terpaksa masyarakt membeli barang kebutuhan tersebut dengan harga yang tinggi.’’ Soal penyebab terjadinya kenaikan harga, pihaknya mengaku hal tersebut jarang diketahui penyebabnya.
“Namun biasanya alasan yang muncul adalah harga barang kebutuhan pokok sudah naik dari produsennya, dan jika sudah demikian tidak ada yang bisa dilakukan.’’ 

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/operasi-pasar-diharapkan-tepat-sasaran/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar