Cari Blog Ini

Kamis, 18 Mei 2017

Organda Ancam Adang Bus Kembali Masuk Kota di Pati

PATI – Aksi pengadangan bus antarkota antarprovinsi (akap) trayek Surabaya-Semarang di kota Pati masih akan berlanjut.
Ancaman itu disampaikan Organisasi Angkutan Darat (Organda) Pati andai aparat terkait tidak tegas soal rambu larangan bus umum masuk perkotaan pada pukul 06.00-16.00. ”Kalau memang tidak ada ketegasan dari petugas, rekan-rekan (awak angkota) akan terus mengadang.
Selain membuat kacau arus lalu lintas di perkotaan, bus yang masuk kota juga mengurangi pendapatan awak angkota,” kata Ketua Organda Pati, Suyanto, kemarin.
Permintaan ketegasan itu menurutnya telah disampaikan ke Dinas Perhubungan (Dishub) dan Satlatas Polres Pati.
Namun aparat dari dua instansi itu memberi toleransi terhadap bus untuk masuk kota lantaran jalan lingkar selatan (JLS) masih dalam perbaikan. ”Kelihatannya untuk ruas JLS dari arah timur ke barat tidak dalam perbaikan. Makanya bus akap yang dari timur kami minta harus masuk JLS sesuai rambu yang terpasang.”
Tunggu Ketegasan
Dia menjelaskan, pengadangan bus bukan untuk melakukan tindakan yang merugikan pihak lain. Aksi itu dilakukan untuk mengarahkan bus akap kembali melewati JLS sesuai ketentuan yang berlaku. ”Kami masih menunggu ketegasan aparat.
Kalau bus akap masih dibiarkan masuk kota pada pukul 06.00-16.00 maka pengadangan akan terus kami lakukan.” Keluhan atas persoalan tersebut diakuinya telah lama disampaikan pihak terkait.
Namun, pelanggaran oleh bus akap selalu terulang sehingga membuat gerah awak angkota yang merasa dirugikan. Angkota yang terganggu dengan masuknya bus akap ke kota di antaranya yang memiliki trayek Kaliampo-Pati dan Pati-Juwana.
Kedua angkota trayek itu mengalami penurunan jumlah penumpang karena jalurnya juga dilewati bus akap. ”Sebenarnya kami sudah menahan diri. Tetapi karena masalah pendapatan yang terganggu maka rekan-rekan di bawah tidak bisa menahan diri untuk mengadang bus tersebut.” 

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/organda-ancam-adang-bus-kembali/